14 November 2017 19:07 wib

Kisah Mahasiswa Indonesia Yang Memilih Melbourne

ABC Radio Australia

Melbourne sudah sekian lama terkenal sebagai salah satu kota pelajar terkemuka di dunia dan saat ini tercatat lebih dari 175.000 mahasiswa internasional dari lebih 160 negara yang menempuh pendidikan di kota ini.

Kami berbincang dengan Harriyadi Irawan tentang keputusannya untuk belajar di Melbourne, yang disebutnya sebagai keputusan terbaik di dalam hidupnya

Kisah Harriyadi

Harriyadi Irawan adalah seorang mahasiswa internasional yang inspiratif.

Sarjana Manajemen Pariwisata dan Perhotelan asal Indonesia ini harus mengatasi tantangan keuangan agar bisa menjadi mahasiswa internasional, dan ia juga dikenal karena semangat dan tekadnya untuk berprestasi.

Pada tahun 2015, ia memperoleh penghargaan sebagai "Mahasiswa Internasional Paling Inspiratif Tahun ini" dari Dewan Mahasiswa Internasional Australia, dan tahun sebelumnya ia menerima Penghargaan Utama Kategori Mahasiswa Internasional Victoria

Dukungan Endeavour Scholarships and Fellowships

"Orang tua saya tidak mampu membiayai kuliah saya di luar negeri. Namun saya tidak pernah berhenti bermimpi untuk mengenyam pendidikan di luar negeri, dan saya beruntung bisa mendapatkan Endeavour Scholarships and Fellowships dari Pemerintah Australia untuk menempuh studi di Australia."

Skip YouTube Video

FireFox NVDA users - To access the following content, press 'M' to enter the iFrame.

Bekerja sukarela membantu saya memahami budaya Australia

Saya memilih Melbourne karena sejumlah alasan. Saya mengetahui bahwa kota ini memiliki reputasi yang luar biasa dalam hal kualitas pendidikan dan saya juga mengetahui bahwa kota ini dirancang untuk mahasiswa internasional.

Mungkin yang terpenting, saya menyukai fakta bahwa Melbourne menyelenggarakan kegiatan berskala internasional setiap tahun dan membuka begitu banyak peluang untuk menjadi sukarelawan atau bekerja magang.’

Harriyadi adalah relawan di Pusat Informasi Collingwood & Lembaga Layanan Sosial Jesuit, dan merupakan Duta Mahasiswa Internasional di Melbourne yang merupakan kota yang semarak dan dinamis.

Ia mengatakan pekerjaan sebagai sukarelawan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjalin pertemanan dan memupuk rasa memiliki di sebuah kota baru.

"Melalui sekolah saya dapat mengunjungi berbagai wilayah di Victoria dan saya mendapatkan pemahaman mendalam mengenai bidang studi saya, jauh melebihi yang saya dapatkan jika studi saya hanya difokuskan pada aspek akademik."

Menempuh studi di Melbourne adalah keputusan terbaik

Bagi Harriyadi, belajar di Melbourne adalah keputusan terbaik dalam hidupnya, dan ia sangat berharap agar mahasiswa internasional lainnya mendapatkan pengalaman sebaik yang ia dapatkan.

"Saat Anda datang ke sini, Anda akan segera menyadari bahwa semua mahasiswa internasional baru lainnya memulai dari titik yang sama seperti Anda. Anda bebas memilih untuk mendapatkan pengalaman yang menakjubkan."

"Bagi saya, bersikap proaktif dan berbicara dengan orang sebanyak mungkin, membangun jaringan, dan bersenang-senang adalah hal yang mengesankan!"

Artikel ini diproduksi oleh Pemerintah Negara Bagian Victoria.


(ABC Radio Australia)

ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

Tue , 21-11-2017