Brasil Jadi Negara ke-19 Peraih Medali Emas Cabang Sepak Bola

Krisna Octavianus - 21 Agustus 2016 07:43 wib
Neymar dkk menunjukkan medali emas yang mereka raih (Foto: AFP/Odd Andersen)
Neymar dkk menunjukkan medali emas yang mereka raih (Foto: AFP/Odd Andersen)

Metrotvnews.com, Rio de Janeiro: Tuntas sudah rasa penasaran tim nasional Brasil akan medali emas Olimpiade cabang sepak bola. Tim Samba menjadi negara ke-19 yang berhasil meraih medali emas cabang sepak bola putra.

Setelah gagal di final edisi 1984, 1988, dan 2012, Brasil sukses merengkuh medali emas pertama di cabang sepak bola di depan publiknya sendiri. Mereka menang adu penalti atas Jerman.

Bermain imbang 1-1 selama 120 menit, Brasil sukses mengklaim medali emas perdana lewat babak tos-tosan. Neymar menjadi pahlawan lewat gol pada menit ke-27 dan algojo terakhir Selecao.

Hasil ini membuat Brasil menjadi negara ke-19 yang sukses meraih medali emas di ajang Olimpiade sejak cabang sepak bola pertama kali digulirkan pada 1900. Brasil bersama 13 negara lain menjadi tim peraih satu medali emas. Tim Samba juga bergabung dengan negara Amerika Latin lainnya, Argentina dan Uruguay yang sudah berhasil merengkuh medali emas.

Jika ditotal, Brasil mengumpulkan enam medali dari cabang sepak bola dengan rincian satu medali emas, tiga medali perak, dan dua medali perunggu. Mereka juga sempat finis di peringkat keempat pada gelaran 1976.

Kegagalan di final pada tiga edisi sebelumnya membuat Brasil bertekad meraih medali emas di hadapan publik sendiri. Mereka pun mewujudkan impian meraih medali emas di Stadion bersejarah Brasil, Stadion Maracana, Minggu 21 Agustus dini hari WIB.

Hasil ini sekaligus menjadi pembalasan dendam sempurna atas Jerman. Der Panzer sebelumnya membuat publik Brasil sakit hati dengan kemenangan 7-1 di semifinal Piala Dunia 2014.

Hungaria dan Britania Raya menjadi negara dengan raihan medali emas terbanyak yakni tiga medali. Sementara itu, Argentina, Rusia, dan Uruguay sukses mengumpulkan dua medali emas.

Raihan medali di cabang sepak bola:


(Foto: wikipedia)


(KRS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG OLIMPIADE 2016
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA DUNIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 24-11-2017