Kiper Timnas U-19 Muhammad Riyandi Akhiri Piala AFF Lebih Cepat

Achmad Firdaus - 12 September 2017 23:59 wib
Kiper Timnas Indonesia U-19 Muhammad Riyandi (tiga dari kanan-atas) dipastikan harus absen hingga berakhirnya kompetisi Piala AFF U-18 karena cedera (Foto:  ANTARA FOTO/Fahrul Jayadiputra)
Kiper Timnas Indonesia U-19 Muhammad Riyandi (tiga dari kanan-atas) dipastikan harus absen hingga berakhirnya kompetisi Piala AFF U-18 karena cedera (Foto: ANTARA FOTO/Fahrul Jayadiputra)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kiprah kiper Timnas Indonesia U-19, Muhammad Riyandi di Piala AFF U-18 harus berakhir lebih cepat. Ia dipastikan tidak bisa membela skuat Garuda Nusantara di kompetisi lantaran cedera.

Riyandi mengalami cedera robek pada anterior cruciate ligament (complete ACL) dan meniskus lutut kanan saat Timnas U-19 kalah 0-3 dari Vietnam pada laga ketiga penyisihan Grup B Piala AFF U-18, Selasa kemarin.

Cedera ini diketahui usai Riyandi menjalani pemindaian Magnetic Resonance Imaging (MRI) di rumah sakit Shwe Gon Dine, Yangon, Myanmar.

"Cedera Riyandi terjadi karena dia salah tumpuan saat jatuh di laga ketiga Grup B Piala AFF U-18 2017 lawan Vietnam," kata dokter timnas U-19 Ifran, dikutip dari keterangan tertulis Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Jakarta, Selasa (12/9).
 

Baca: Indonesia Dikalahkan Vietnam, Indra Sjafri Bela Kiper Pengganti


Akibat cedera ini, Riyandi dipastikan absen saat Timnas U-19 melakoni pertandingan pamungkas melawan Brunei Darussalam, Rabu 13 September 2017. Tak hanya itu, ia juga tidak bisa memperkuat tim jika lolos ke babak selanjutnya karena menurut prediksi tim dokter, ia harus absen setidaknya selama enam bulan.

Absennya Riyandi memberikan tugas berat buat pelatih Indra Sjafri untuk menentukan kiper utama saat menghadapi Brunei, besok. Indra memiliki dua pilihan, yakni Muchamad Aqil Savik yang menggantikan posisi Riyandi di laga kontra Vietnam, dan Gianluca Pagliuca Rossy.

Duel melawan Brunei menjadi laga hidup mati bagi Indonesia lantaran saat ini Egy Maulana dkk masih tercecer di posisi tiga klasemen sementara Grup B, di bawah tuan rumah Myanmar dan Vietnam.
 

Baca juga: Jelang Brunei Darussalam vs Indonesia, Indra Sjafri: Wajib Menang!


Indonesia dan Myanmar sejatinya memiliki poin sama, yakni 6 poin. Namun, Myanmar berhak berada di atas Indonesia karena memiliki selisih gol yang lebih banyak (+13 berbanding +7).

Indonesia masih berpeluang lolos ke semifinal, dengan syarat harus bisa menaklukkan Brunei Darussalam dengan selisih skor lebih dari enam gol. Hal ini perlu dilakukan untuk berjaga-jaga jika Myanmar yang bermain beberapa jam setelah Indonesia, berhasil menaklukkan Vietnam.

Akan tetapi, jika Myanmar kalah atau seri dari Vietnam, Indonesia hanya perlu menang dari Brunei Darussalam untuk lolos, berapapun skornnya.

Video: ?Asa Timnas U-19 Menuju Semifinal Piala AFF Masih Terbuka


(ACF)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PIALA AFF U-19
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA DUNIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 23-11-2017