Piala Presiden 2018 Resmi Bergulir pada 16 Januari

Kautsar Halim - 12 Januari 2018 23:28 wib
Foto: Liga Indonesia
Foto: Liga Indonesia

Jakarta: Piala Presiden 2018 resmi dibuka pada 16 Januari mendatang. Laga pertamanya akan mempertemukan mempertemukan Persib Bandung vs Sriwijaya FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Turnamen pramusim itu akan diikuti 20 klub yang terdiri dari 15 penghuni Liga 1 dan tiga klub promosi Liga 1. Sementara itu, dua klub lainnya berasal dari peringkat keempat dan kelima Liga 2 2017. 

Perhelatan Piala Presiden akan berlangsung di lima kota sekaligus, yakni Bandung, Malang, Surabaya, Gianyar dan Balikpapan. Kemudian, Presiden Joko Widodo akan turut dihadirkan untuk membuka kejuaraan.
 

Baca: Waspadai Penyerang Islandia, Timnas Fokus Benahi Pertahanan


"Pembagian grup dibuat seideal mungkin dengan mempertimbangkan beberapa aspek. Pertama, berdasar status tuan rumah. Kedua, prestasi terakhir tim di kompetisi 2017. Selain itu, kondisi geografis dan aspek kepentingan komersial juga bisa menjadi salah satu penilaian," ujar Berlinton Siahaan selaku Ketua Organizing Committee Piala Presiden 2018 dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat 12 Januari.

Terdapat 40 pertandingan yang digelar di Piala Presiden 2018. Rinciannya adalah 23 laga babak penyisihan, 4 pertandingan babak perempat final, 4 pertandingan babak semifinal dan dua pertandingan di babak final.

Khusus final, rencananya bakal bergulir di kota yang berbeda, yakni Jakarta. Perhelatannya dijadwalkan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 17 Februari 2018.
 

Baca juga: Andik: Meski Sulit, Timnas Tetap Punya Peluang Kalahkan Islandia!


Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, turut menyambut positif penyelenggaraan Piala Presiden 2018. Menurutnya, turnamen tahunan itu bisa membantu pembinaan dan pembangunan sepak bola Tanah Air.

"Saya harap turnamen ini bisa menggairahkan sepak bola sebagai industri yang menggerakkan ekonomi nasional," kata Edy.

Video: ?Menengok Kemegahan Gelora Bung Karno Pasca Renovasi




(ACF)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PIALA PRESIDEN 2018
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA INDONESIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 20-04-2018