Arti Julukan Garuda Asia yang Disandang Timnas U-16

A. Firdaus - 14 September 2017 00:00 wib
Skuat Timnas U-16 Dijuluki Garuda Asia (MTVN)
Skuat Timnas U-16 Dijuluki Garuda Asia (MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tim Nasional Indonesia U-16 mendapat julukan Garuda Asia. Namun sampai saat ini belum diketahui mengapa julukan itu disandang oleh Rendy Juliansyah dan kolega.

Manajer Timnas U-16 Kelik Wirawan coba membeberkan alasan dan memberi pengertian terkait julukan Garuda Asia tersebut. Ia mengatakan kalau julukan itu sangat cocok digunakan para pemain muda Timnas Indonesia.

"Garuda Asia adalah sebuah nama yang kami wakilkan kepada Timnas U-16. Garuda Asia itu adalah filosofi U-16," ujar Kelik membuka pembicaraan. 

Baca juga: Fachri Husaini Bicara Peta Kekuatan dan Peluang Timnas U-16

Nama Asia sendiri berasumsi pada harapan bahwa pada prinsipnya anak-anak pada usia 16 tahun berada pada periode emas mereka. Mereka diharapkan lebih dulu bercita-cita menjadi pemain elite Asia, dan bisa menarik perhatian klub-klub besar di Asia seperti di Jepang, Tiongkok, Korea Selatan. 

"Anak-anak kami berikan gambaran dan enggak usah bermain sebagai pemain dunia, tapi jadi elite Asia dulu. Sehingga Garuda Asia kami terapkan pada mereka untuk bercita-cita jadi pemain elite Asia," terangnya.

Sedangkan untuk penerapan di lapangan, Kelik menggambarkan bahwa Garuda merupakan hewan yang memiliki ciri khas tersendiri. 

Baca juga: Empat Aspek Jadi Modal Skuat Timnas U-16 ke Thailand

"Cakupan garuda itu sangat luas, dia menggunakan sayap dalam menguasai seluruh lapangan. Punya cakar, dan kepala untuk mematuk. Kalau di lapangan, teknisnya menyesuaikan kekuatan lawan sesuai strategi dari pelatih. Tapi filosofi tetap menguasai lapangan," jelasnya.

Filosofi tersebut diharapkan bisa dipamerkan saat Timnas U-16 melakoni Kualifikasi Piala Asia U-16 yang digelar di Thailand. Di mana Indonesia tergabung di grup G bersama tuan rumah Thailand, Laos, Timor Leste, dan Kepulauan Mariana Utara.  


(RIZ)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG BOLA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA INDONESIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 18-11-2017