Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.408.300.797 (20 JUNI 2018)

Indra Sjafri: Sepak Bola Harus Dibangun Sedini Mungkin

Monica Felicitas Gracia V - 14 Maret 2018 18:35 wib
Pemain didikan Akademi Sepak Bola Ajax Amsterdam (kiri) sedang berlatih tanding dengan sepak bola lainnya di Amsterdam. (Foto: Dok. UEFA)
Pemain didikan Akademi Sepak Bola Ajax Amsterdam (kiri) sedang berlatih tanding dengan sepak bola lainnya di Amsterdam. (Foto: Dok. UEFA)

Jakarta: Pembinaan usia dini menjadi faktor kunci dalam kesuksesan sebuah tim. Dengan pembinaan yang serius dan berkesinambungan, Indonesia diyakini bisa memiliki tim yang tangguh di masa depan.

Indra Sjafri selaku pelatih yang sukses mengorbitkan sejumlah pemain muda seperti Evan Dimas Darmono dan Egy Maulana Vikri yang kini bermain di Eropa bersama klub Polandia Lechia Gdansk, mengamini hal tersebut.

Untuk itu, ia sangat mendorong berbagai acara atau kompetisi sepak bola usia dini. Salah satunya kompetisi U-12 yang digagas salah satu produsen minuman bertajuk 'Be Fun, Be You'. Namun, ia mengingatkan bahwa tujuan utama kompetisi di usia dini ini adalah bukan mencari yang terbaik, tapi lebih kepada menanamkan jiwa sportivitas dan rasa cinta anak-anak terhadap sepak bola.
 

Baca: Egy Maulana Berpotensi Dijual Lechia Gdansk 


"Pada usia 12 tahun, semangat anak-anak kompetitif muncul. Tentunya, tanpa menargetkan gelar juara yang jadi tujuan utama. Sepak bola dibangun sedini mungkin, bukan kalah menang," ujar mantan pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri yang menghadiri jumpa pers di Kemenpora, Rabu 14 Maret 2018.

"Kita punya pemain muda yang santun. Mereka mencium tangan wasit dan tidak ada bangsa sesantun ini," sambung Indra.

Senada dengan Indra, Menpora Imam Nahrawi juga menyambut baik digelarnya berbagai kompetisi sepak bola usia dini. Ia berharap, dari acara-acara seperti ini, akan muncul bibit-bibit pesepak bola yang bisa membanggakan Timnas Indonesia di masa depan.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan seperti ini," ujar Imam.
 

Baca juga: Anak Polonia di Belantara Sepak Bola Nasional


Kompetisi untuk anak-anak usia di bawah 12 tahun berskala nasional ini sudah berjalan mulai 3 Maret lalu. Di mulai dari Surabaya, kompetisi ini akan diselenggarakan di enam kota di Indonesia, di antaranya Bandung, Malang, Yogyakarta, Semarang dan Jabodetabek.

Sebanyak 30 tim sepak bola akan bertarung di tiap kotanya. Nantinya, akan dipilih 16 pemain terbaik hasil pantauan panitia dan pemandu bakat, akan mewakili Indonesia untuk berlaga di turnamen internasional bertajuk Singa Cup 2018 di Singapura.

Video: Persija Siap Tempur Lawan Song Lam Nghe An
 



(ACF)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG SEPAK BOLA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA INDONESIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 21-06-2018