Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.626.772.093 (16 JULI 2018)

Arema FC Segera Kirimkan Laporan Kronologis Kericuhan ke PT LIB

Daviq Umar Al Faruq - 16 April 2018 12:07 wib
Laga Arema FC melawan Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan, Malang diwarnai aksi kerusuhan oknum suporter,. (Foto: medcom.id/Daviq Umar)
Laga Arema FC melawan Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan, Malang diwarnai aksi kerusuhan oknum suporter,. (Foto: medcom.id/Daviq Umar)

Malang: Manajemen Arema FC segera membuat laporan kronologis jalannya pertandingan antara Arema FC dengan Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan, Minggu 15 April 2018. Laporan tersebut kemudian diberikan kepada penyelenggara Liga 1 2018.

Seperti diketahui, big match tersebut diwarnai oleh aksi ricuh yang dilakukan oleh ribuan oknum suporter. Insiden diawali dengan aksi ribuan oknum suporter yang turun ke lapangan sekitar satu menit sebelum laga usai.

Media Officer Arema FC Sudarmaji mengatakan, pihaknya segera mengirimkan laporan kronologis pertandingan kepada PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku penyelenggara Liga 1 2018. Laporan tersebut nantinya akan menjadi acuan untuk menentukan sanksi bagi tim berjuluk Singo Edan ini.

"Kronologis menit per menit nya akan kami laporkan secepatnya malam ini. Laporan harus sudah diberikan dua hari setelah pertandingan. Sesuai regulasi, kami diberi kesempatan untuk melaporkan kejadian secara obyektif," kata Sudarmaji kepada awak media saat konferensi pers.

Baca: Pelatih Persib Terluka, Manajemen Arema Minta Maaf


Sudarmaji menambahkan, laporan akan dikirim dalam dua format. Yakni laporan sesuai dengan form yang sudah disiapkan terkait penilaian wasit dan laporan apa saja yang terjadi dalam pertandingan tersebut serta bentuk penangananya seperti apa.

"Semua sudah melakukan pengamanan secara maksimal. Semua situasi juga sudah dilakukan sesuai SOP (standar operasional). Salah satunya dengan melakukan pengamanan secara preventif oleh steward. Kemudian pengamanan dibantu oleh kepolisian," bebernya.

Baca: Arema FC Buka Posko Pelaporan Korban Kericuhan


Sudarmaji menjelaskan kronologis kerusuhan ini berawal dari keputusan pemimpin pertandingan, Handri Kristanto yang dianggap merugikan Arema FC. Sebab, beberapa keputusan wasit dinilai menjadi pemicu para suporter meluber ke lapangan.

"Awalnya karena pelanggaran Ahmad Atayev tidak diberikan keputusan oleh wasit. Saat itu sudah ada tanda-tanda pergerakan dari penonton. Lalu, wasit memberikan kartu merah kepada Dedik Setiawan dan membuat penonton bereaksi dengan turun ke lapangan," jelasnya.

"Itu dari versi kita dan kronologis itu yang akan kami laporkan.  Kami juga didukung oleh video," pungkasnya.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga?

Video: Laga Arema Kontra Persib Berakhir Rusuh


(ASM)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG LIGA 1 INDONESIA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA INDONESIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 17-07-2018