Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.659.184.273 (20 JULI 2018)

Kasus Rasial Matuidi Menarik Perhatian UNESCO

Krisna Octavianus - 09 Januari 2018 17:43 wib
Blaise Matuidi saat melaporkan kejadian rasial yang menimpa dirinya. (Foto: AFP/MIGUEL MEDINA)
Blaise Matuidi saat melaporkan kejadian rasial yang menimpa dirinya. (Foto: AFP/MIGUEL MEDINA)

Turin: Menteri olahraga Prancis, Laura Flessel dan direktur jenderal UNESCO, Audrey Azoulay mengutuk kasus rasial yang diderita oleh gelandang Juventus, Blaise Matuidi.

Mantan pemain Paris Saint-Germain tersebut mengungkapkan pada Senin 8 Januari dini hari WIB dirinya mendapat pelecehan rasial dari pendukung Cagliari dalam kemenangan 1-0 timnya.

Kasus rasial yang didapat Matudi sampai memancing badan PBB, UNESCO (Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan) angkat bicara. Serupa dengan UNESCO, Menpora Prancis juga memerhatikan kasus tersebut.

"Rasial tidak memiliki tempat dalam olahraga, di dalam atau di luar lapangan. Kami mengutuk dengan sangat keras soal penghinaan rasial yang diderita oleh Blaise Matuidi, pemain untuk Juventus dan tim nasional Prancis," sebuah pernyataan bersama dari Audrey Azoulay (UNESCO) dan menteri olahraga Prancis, Laura Flessel.

"Kami mengutuk semua tindakan rasis yang mengganggu terlalu banyak acara olahraga di seluruh dunia, olahraga harus menjadi vektor untuk transendensi, saling pengertian, dan toleransi. Tidak ada pembenaran untuk membajaknya yang sampai menimbulkan kebencian, diskriminasi, dan penolakan," sambung pernyataan tersebut.

"Kami tidak terlahir secara rasial, kami menjadi seperti itu. Olahraga dan sepak bola, yang diikuti oleh jutaan orang, harus memproyeksikan yang terbaik dari diri kita sendiri, dan harus mengajarkan toleransi dan rasa hormat. Kami memanggil semua pemimpin politik dan olahraga untuk bergabung dalam perjuangan demi tujuan besar ini," tutup penyataan tersebut.

Sejak 2015, Juventus dan UNESCO telah bekerja sama untuk inisiatif kampanye memerangi rasial dalam sepak bola. 

 


(KRS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG JUVENTUS
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA ITALIA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 20-07-2018