DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 19.911.330.901 (18 SEP 2018)

Pelabuhan Penarik Diyakini Dorong Peningkatan Ekonomi

Antara - 30 Mei 2016 08:13 wib
Ilustrasi pelabuhan/ANT/Zabur Karuru
Ilustrasi pelabuhan/ANT/Zabur Karuru

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan merampungkan Pelabuhan Penyeberangan Penarik di Pulau Lingga, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau. Pelabuhan Penarik mempermudah masyarakat menyeberang dari Pulau Singkep dan Pulau Lingga, Kabupaten Lingga.

"Pelabuhan ini melayani penyeberangan Dabo-Penarik sekaligus antarpulau," kata Direktur Jenderal Hubdar Pudji Hartanto melalui keterangan tertulis, Senin (30/5/2016).

Pelabuhan antarpulau yang menelan dana Rp39,8 miliar dari APBN ini dibangun sejak 2011 hingga 2015. Peresmian pelabuhan yang bisa melayani kapal penumpang jenis Ro-Ro 500 GT KMP Sembilang dengan daya angkut 150 penumpang dan 19 kendaraan ini dilaksanakan 28 Mei 2016.

Menurut Pudji, Provinsi Kepulauan Riau membutuhkan sarana pelabuhan penguhubung untuk meningkatkan perekonomian karena berbatasan dengan Kamboja dan Vietnam. Mantan Kepala Korps Lalu Lintas Mabes Polri menyebut pembangunan pelabuhan dalam upaya pemerintah menyediakan prasarana transportasi untuk mobilitas masyarakat.

Ditjen Hubdar Kementerian Perhubungan akan menyerahkan pengelolaan pelabuhan kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga. Pudji meminta Pemerintah Kabupaten Lingga menjaga dan memelihara fasilitas pelabuhan serta memperhatikan ketertiban penumpang.


(OJE)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PELABUHAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA NEWS (PD)
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 18-09-2018