Apakah Ini Musim Terburuk Cristiano Ronaldo?

Gregah Nurikhsani Estuning - 06 November 2017 13:24 wib
Penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo. (Foto: AP Photo/Frank Augstein)
Penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo. (Foto: AP Photo/Frank Augstein)

Metrotvnews.com, Madrid: Cristiano Ronaldo belum menunjukkan performa yang diharapkan pendukung Real Madrid musim ini. 11 Pertandingan di La Liga Spanyol sudah berlalu, CR7 baru sanggup melesakkan satu gol saja.

Pelatih Zinedine Zidane mungkin bisa menyunggingkan senyumnya pasca kemenangan penting 3-0 atas Las Palmas. Namun demikian, Ronaldo bisa jadi tidak puas karena tak ikut menyumbangkan gol pada pertandingan tersebut.

Gol ketiga Los Blancos yang diciptakan Isco memang lahir dari umpan manis Ronaldo, tapi megabintang asal Portugal itu terlihat tak begitu senang dengan apa yang ia tampilkan di atas lapangan.
 

Baca: Wenger Anggap Superioritas City tak Lepas dari Peran Wasit


Zidane tak ingin ambil pusing dengan mandulnya Ronaldo pada musim ini. Ia justru menilai Ronaldo bisa menghadirkan perbedaan di tiap laga.

"Kita semua tahu Cristiano suka mencetak gol, dia bahagia ketika mencetak gol. Mungkin dia sedang apes di La Liga, tapi masih ada Liga Champions. Lagi pula, saat ia tidak cetak gol, ia masih berguna bagi pemain lain, dan Cristiano selalu membawa perubahan," kata Zidane usai kemenangan Madrid kontra Las Palmas.

Terlepas dari suntikan semangat yang dilontarkan Zidane, statistik mencatat ada tiga fakta yang menunjukkan jika Ronaldo mengalami penurunan performa. Berikut datanya:

1. 48 tendangan mengarah ke gawang, cuma satu yang jadi gol. Dibandingkan dengan Lionel Messi, Ronaldo kalah jauh. Messi hanya membutuhkan 69 tendangan mengarah ke gawang untuk cetak 12 gol sejauh ini.

2. Cristiano Ronaldo menjadi penyerang dengan rataan statistik terburuk. Berdasarkan data statistik dari Opta, Ronaldo hanya akan sanggup melesakkan 2,08 gol saja per 100 tendangan.

3. Tahun ini menjadi yang terburuk sejak 2009 jika dilihat dari 11 laga perdana kompetisi liga.

2009: 5 gol
2010: 11 gol
2011: 13 gol
2012: 12 gol
2013: 11 gol
2014: 18 gol
2015: 8 gol
2016: 5 gol
2017: 1 gol

Video: Laga Persib Vs Persija Ricuh, Dua Suporter Dievakuasi
 


(ASM)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG CRISTIANO RONALDO
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA SPANYOL
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 20-11-2017