DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 14.094.371.835 (21 AGUSTUS 2018)

Format Kompetisi Copa del Rey akan Berubah

Gregah Nurikhsani Estuning - 02 Juni 2018 20:09 wib
Barcelona memenangi Copa del Rey 2018. (Foto: AFP)
Barcelona memenangi Copa del Rey 2018. (Foto: AFP)

Madrid: Mulai musim 2019--2020, format kompetisi Copa del Rey akan berubah. Sistem dua leg akan dihapus dan diganti dengan hanya satu leg saja.

Biasanya, dua tim yang bertanding sejak babak 32 besar akan berhadapan dua kali, kandang dan tandang sampai semi final. Operator kompetisi sudah membuat peraturan baru yang mempersingkat jalannya turnamen tersebut.

Babak 32 besar (saat 20 tim La Liga mulai masuk drawing) masih akan tetap berjalan dua leg. Perubahan terjadi memasuki babak 16 besar, di mana pertandingan hanya akan dihelat satu kali.

Klik: Pelatih Portugal: Saya Tidak Butuh Ronaldo

Dikutip dari Football Espana, perubahan ini terinisiasi usai pertemuan dua tokoh penting, Javier Tebas (Ketua Badan Liga Spanyol) dan Luis Rubiales, Ketua PSSI-nya Spanyol yang baru.

Copa del Rey memang telah lama menuai banyak kritikan pedas. Yang pertama yaitu mengenai drawing yang sangat timpang karena acap kali mempertemukan tim besar dengan tim 'liliput'.

Akibat lebih jauh, turnamen ini menjadi kurang kompetitif dan gereget. Jauh sebelumnya, banyak pundit menginginkan format kompetisi dibuat seperti Piala FA, yang tidak membedakan klub peserta berdasarkan kekuatan.

Landasan utama digantinya format kompetisi yakni agar setiap tim tidak lagi menganggap Copa del Rey sebagai ajang 'coba-coba' karena tidak ada lagi sistem kandang-tandang. Dengan begini, tiap klub kemungkinan besar akan tetap menurunkan pemain terbaik.

Video: Jersey Baru Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2018
 


(PAT)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG COPA DEL REY
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA SPANYOL
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 21-08-2018