Lion Air hingga Bank DKI Berniat IPO

Dian Ihsan Siregar - 25 Juli 2018 13:23 wib
Ilustrasi. (FOTO: MI/Amiruddin)
Ilustrasi. (FOTO: MI/Amiruddin)

Jakarta: Grup Lion Air masih berniat untuk melepas saham ke publik atau initial public offering (IPO) di pasar modal Indonesia. Niatan itu terungkap dalam ‎IPO Masterclass Ernst & Young Indonesia.

Lion Air diketahui telah berniat IPO tahun lalu. Tapi, kandas di tengah jalan. Adapun IPO Masterclass EY Indonesia merupakan wadah bagi perusahaan yang ingin melakukan IPO di mana banyak manfaat yang bakal dimiliki perusahaan terkait persyaratan sebelum dan setelah IPO.‎

"Ada Lion Air, Columbia Asia, Propan, Bank DKI, Humpuss Kimia, paling tidak manajemen mereka sudah mempersiapkan lah, tinggal mungkin mencari waktu," ucap Partner Assurance Services EY Jongki Widjaja, ditemui di Gedung BEI, SCBD Sudirman, Jakarta, Rabu, 25 Juli 2018.

Jongki menuturkan Lion Air memiliki bisnis yang cukup seksi. Dia mengatakan pembiayaan mereka banyak datang dari perbankan maupun venture capital.

"Jadi ‎mereka melihat IPO adalah salah satu opsi yang terbaik, karena selama ini sumber pendanaan mereka bersumber dari perbankan. Mereka pasti punya alasan untuk IPO," jelas dia.

Terkait waktu pelaksanaan IPO Lion Air, dia tidak bisa memastikan. Namun, mereka sudah menjadi peserta ‎kelas IPO Masterclass Ernst & Young Indonesia.‎ "Saya belum tahu (waktu pelaksanaan IPO Lion Air). Tapi ada di kelas Master Class EY," ujar dia.

‎Selain Lion Air, lanjut dia, ada beberapa perusahaan besar yang menjadi peserta IPO Masterclass EY Indonesia, yakni ‎Amman Mineral Nusa Tenggara, Bank DKI, Medco Power Indonesia, dan RS Awal Bross.

"Mereka itu yang datang jadi peserta, mereka sudah siap IPO, kadang-kadang terkendala market, ada underwriter, lawyer, tapi yang menentukan kembali timing. Kita harap indeks juga naik, seiring pertumbuhan dari perusahaan yang bagus. Kalau perusahaan bagus, pasar kurang bagus, kan sahamnya kurang untuk bisa mengalami kenaikan," pungkas dia.

 


(AHL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG LION AIR
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA BURSA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 22-04-2019