Right Issue Rp5,03 Triliun Chandra Asri Alami Oversubscribed

Dian Ihsan Siregar - 13 September 2017 15:41 wib
Ilustrasi gerak saham. (FOTO: Metrotvnews.com)
Ilustrasi gerak saham. (FOTO: Metrotvnews.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) telah sukses menerbitkan saham baru (right issue) sebanyak 279,74 juta dengan raihan dana Rp5,03 triliun atau USD378 juta. Dana right issue akan direalisasikan perseroan sebagai tambahan modal untuk ekspansi bisnis perseroan ke depannya.

Presiden Direktur Chandra Asri Petrochemical Erwin Ciputra menyatakan, penerbitan saham baru perseroan disambut baik oleh pelaku pasar. Sebab, pembelian saham baru perseroan mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed).

"Antusiasme investor terhadap right issue perseroan sangat tinggi, terlihat dari adanya oversubscription saham baru. Suksesnya right issue kami tidak terlepas dari dukungan para pemegang saham, investor, regulator, dan pemangku kepentingan lainnya," kata Erwin Ciputra, seperti mengutip keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu 13 September 2017.

Pasca right issue, jumlah saham perseroan yang beredar bertambah sebanyak 279.741.494 saham menjadi 3,56 miliar saham dengan komposisi saham publik (free float) sebesar 9,06 persen. Dengan demikian perseroan telah memenuhi persyaratan free float 7,5 persen menurut Ketentuan V.1 Peraturan Bursa Efek Indonesia No. 1-A. Dengan bertambahnya basis investor, likuiditas perdagangan saham akan meningkat dan lebih memperluas akses Perseroan ke pasar modal domestik maupun luar negeri.

Perolehan dana hasil right issue sebesar Rp5,03 triliun setelah dikurangi biaya-biaya akan digunakan perseroan untuk membiayai belanja modal untuk meningkatkan kapasitas produksi atau diversifikasi produk yang bertujuan untuk meningkatkan skala usaha.

Dalam aksi korporasi ini, pemegang saham utama Perseroan PT Barito Pacific Tbk, Marigold Resources Pte. Ltd., dan Prajogo Pangestu tidak melaksanakan HMETD nya. Sementara itu, SCG Chemicals Co., Ltd. melaksanakan seluruh haknya dalam right issue ini.

"Perseroan mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para pemegang saham, investor, regulator, dan pemangku kepentingan lainnya atas dukungan kuat selama transaksi pasar modal ini," tukas Erwin Ciputra.


(AHL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG CHANDRA ASRI PETROCHEMICAL
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA BURSA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 18-11-2017