Arcandra Serahkan 525 Konverter Kit ke Nelayan Kota Padang

Desi Angriani - 07 September 2017 19:15 wib
Wamen ESDM Archandra Tahar. MI/ROMMY PUJIANTO.
Wamen ESDM Archandra Tahar. MI/ROMMY PUJIANTO.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah melalui melalui Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) membagikan 525 unit konverter kit (konkit) Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) untuk nelayan di Kota Padang, Sumatera Barat. 

Ratusan konverter tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar didampingi Wakil Ketua Komisi 7 DPR RI Mulyadi dan Gubernur Sumatera Barat Iwan Prayitno di Pantai Ujung Batu, Muara Penjalinan Tabing, Tigo Koto Tengah, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, hari ini.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan, nelayan bisa menghemat hingga Rp600 ribu per bulan jika menggunakan konverter tersebut. 

"Ini program pembagian paket konkret nelayan di 26 Kabupaten/Kota yang dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017," kata Arcandra dilansir dari laman resmi Kementerian ESDM, Kamis 7 September 2017.

Selain itu, beralihnya penggunaan BBM ke BBG juga memberikan dampak yang baik terhadap lingkungan, khususnya menghemat bahan bakar fosil sebagai perwujudan energi berkeadilan. 

"Hal ini juga merupakan implementasi program Kementerian ESDM guna mewujudkan energi berkeadilan bagi seluruh rakyat," tutur Arcandra.

Program Konversi BBM ke BBG untuk nelayan pertama kali dilaksanakan pada 2016. Telah dibagikan 5.473 unit paket Konkit di 10 Kabupaten/Kota di 5 Provinsi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali. Pada 2017 Pemerintah telah menetapkan 16.981 unit paket Konkit untuk dibagikan di 26 Kabupaten/Kota dengan total anggaran Rp120,92 miliar. 

Kota Padang mendapatkan alokasi total 525 unit Konkit di empat wilayah kecamatan, yaitu di wilayah Kec. Bungus Teluk Kabung 70 unit, Batang Arau Muara Padang 95 unit, Muara Ulak Karang Padang Utara 122 unit dan Muara Baru Pasie Nan Tigo Koto Tengah 238 unit. 

Keseluruhan 525 unit konkit akan dibagikan secara bertahap di empat titik serah di Kota Padang hingga akhir tahun anggaran 2017, dimana Pemerintah menugaskan PT Pertamina (Persero) untuk melaksanaan program penyediaan dan pendistribusian elpiji 3 kg untuk kapal perikanan bagi nelayan kecil di wilayah telah yang ditetapkan tersebut.



(SAW)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG BAHAN BAKAR GAS
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA ENERGI
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 14-12-2017