Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.408.300.797 (20 JUNI 2018)

Pertamina Ingin Ekspansi Lapangan di Aljazair Dilakukan Tahun Ini

Annisa ayu artanti - 14 Maret 2018 15:12 wib
Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam (kiri). (FOTO: Medcom.id/Dian Ihsan)
Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam (kiri). (FOTO: Medcom.id/Dian Ihsan)

Jakarta: PT Pertamina (Persero) berharap ekspansi lapangan migas di Aljazair yakni Menzel Lejmat North (MLN) II dilakukan tahun ini supaya meningkatkan nilai keekonomian lapangan existing.

Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam mengatakan saat ini timnya sedang melakukan pembicaraan mengenai rencana ekspansi tersebut. Salah satunya mengenai term and condition (syarat dan ketentuan berlaku) yang dibuat perusahaan migas Aljazair, Sonatrach.

"Kita sedang bicara dengan Aljazair dengan Sonatrach kemungkinan kita untuk masuk investasi di luar blok yang existing," kata Syamsu di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Rabu, 14 Maret 2018.

Setelah syarat dan ketentuan berlaku dari Sonatrach diputuskan, maka tahun ini bisa dilakukan penandatanganan kontrak.

"Rencananya itu kita maunya cepat juga tahun ini. Tapi tergantung dari tim juga, tergantung dari term and condition yang akan diberikan Sonatrach ke kita nanti," imbuh dia.

Baca: Pemerintah Fasilitasi Impor LPG dari Aljazair

Di sisi lain, meskipun belum bisa menyebutkan besar potensi di lapangan MLN II itu yang terpenting rencana ekspansi itu akan membuat pengerjaan operasi di lapangan migas existing akan lebih efisien. Penggabungan fasilitas dengan lapangan existing yaitu MLN akan membuat keekonomian lapangan akan meningkat.

"Nanti mungkin kita akan lebih efisien karena fasilitas yang di MLN sekarang ini masih belum optimal. Jadi produksi bisa gabung ke fasilitas yang kita existing. Jadi keekonomian agak lebih bagus," tutur Syamsu.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar sebelumnya melakukan dengan Kementerian energi Algeria tentang rencana Pertamina untuk ekspansi pengelolaan lapangan MLN bagian dari Blok 405a di Aljazair.

Pertamina ingin memperluas wilayah pengelolaannya dengan mengincar MLN II yang posisinya berdekatan dengan MLN I.

"Kami bicara pengembangan lapangan MLN milik Pertamina untuk mengembangkan lebih, sehingga produksinya bisa naik," kata Arcandra.


(AHL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PERTAMINA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA ENERGI
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sun , 24-06-2018