DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 19.911.330.901 (18 SEP 2018)

Pemerintah akan Menekan Harga Avtur hingga 10%

Kautsar Widya Prabowo - 12 Juli 2018 15:07 wib
Kegiatan pengisian avtur di bandara. (FOTO: ANTARA/Aloysius)
Kegiatan pengisian avtur di bandara. (FOTO: ANTARA/Aloysius)

Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menurunkan harga bahan bakar pesawat avtur hingga 10 persen. Pasalnya harga bahan bakar tersebut saat ini mengalami kenaikan.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menuturkan penurunan tersebut dinilai tepat ketika harga avtur lebih tinggi 20 persen dari negara lain.

"Sebenarnya kalau beda 10 persen (dengan internasional) masih oke, jadi kita minta harganya ditekan jadi beda 10 persen," ujarnya di Gedung BKPM, Jakarta, Kamis, 12 Juli 2018.

Ia sebelumnya sempat mengatakan akan berbicara empat mata dengan PT Pertamina (Persero). Pembicaraan dengan Pertamina ini karena avtur merupakan kunci efisiensi bagi maskapai, khususnya maskapai yang masuk dalam kategori perjalanan biaya murah.

Hingga saat ini, Pertamina merupakan pemasok avtur di seluruh bandar udara (bandara) yang ada di Indonesia.‎ "Saya coba akan bicara dengan Pertamina, kaitannya dengan harga avtur yang lebih mahal 20 persen dibandingkan internasional," ucap Budi.

Langkah yang akan dilakukan Budi yakni mendorong maskapai biaya murah untuk ekspansi ke banyak bandara yang saat ini telah dibangun oleh PT Angkasa Pura (Persero) maupun Kementerian Perhubungan (Kemenhub).‎ "Kami akan bahas insentif apa saja kaitannya soal LCC ini," jelas Budi.

Budi pun meyakini, jika penerbangan dengan kategori murah memang sangat baik bagi pertumbuhan wisata di Indonesia. Pada akhirnya memberikan dampak yang positif bagi ekonomi negeri ini.

 


(AHL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG AVTUR
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA ENERGI
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 19-09-2018