DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 20.100.381.901 (21 SEP 2018)

74 Cekungan Bisa Menghasilkan Minyak

Dian Ihsan Siregar - 16 April 2018 19:54 wib
SKK Migas. Ilustrasi : Dokumentasi SKK Migas.
SKK Migas. Ilustrasi : Dokumentasi SKK Migas.

Jakarta: Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) ‎menyatakan, ada 74 cekungan yang berpotensi untuk menghasilkan minyak. Semua cekungan itu belum terjamah oleh manusia.

"Ini peluang bagi industri hulu untuk memacu eksplorasi. Peluangnya besar karena ada 74 basin (cekungan) belum dieksplorasi," kata Sekretaris SKK Migas, Arief Setiawan Handoko‎, ditemui di Gedung BEI, SCBD Sudirman, Jakarta, Senin, 16 April 2018.

Dia mengaku, kegiatan eksplorasi sangat penting untuk menakar cadangan minyak yang dimiliki negara. Apalagi, produksi minyak di negeri ini terus mengalami penyusutan.

Pada 40 tahun yang lalu atau lebih tepatnya di 1974, produksi minyak domestik masih mencapai 1,7 juta barel per hari (bph). Tapi, saat ini hanya mencapai 800 bph.

Maka dari itu, Arief mengaku, perlu adanya penambahan kegiatan eksplorasi dalam negeri dengan mengerek cadangan minyak di Indonesia. Berdasarkan informasi dari Kementerian ESDM, cadangan minyak di Indonesia hanya tinggal 3,3 miliar.

"Maka kalau produksi minyak 800 ribu bph, Indonesia tidak mampu produksi minyak lagi dalam 11-12 tahun mendatang," terang dia.

Kegiatan investasi eksplorasi minyak, lanjut dia, sangat dipengaruhi oleh harga minyak. Bayangkan saja, beberapa tahun belakangan ini, harga minyak terus anjlok. Akhirnya, kegiatan eksplorasi pun tidak berjalan.

"Alokasi investasi investor pun pada akhirnya lebih banyak ke eksploitasi, bila dibanding ke eksplorasi," pungkas dia.


(SAW)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG MINYAK MENTAH
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA ENERGI
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 21-09-2018