Ini Tanggapan Dirut Pertamina Diisukan Calon Menteri ESDM

Annisa ayu artanti - 22 Agustus 2016 11:37 wib
Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Usai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar diberhentikan dengan hormat oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada pekan lalu, sejumlah isu mulai bermunculan terkait nama-nama pengganti Arcandra Tahar. Salah satu nama yang muncul untuk duduk menggantikannya adalah Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto.

Menanggapi hal tersebut, Dwi menegaskan bahwa dirinya belum sempat berpikir untuk menjadi seorang menteri. Hal itu ditegaskannya lantaran dirinya masih memiliki banyak tugas untuk membenahi proyek-proyek yang dikerjakan Pertamina di sektor energi.

"Tugas saya untuk menuntaskan Pertamina sebagai tangan negara membangun kemandirian energi cukup banyak. Jadi saya tidak berpikir ke arah itu (menjadi Menteri ESDM)," kata Dwi, di Jakarta, Senin (22/8/2016).

Baca: Arcandra Tahar hanya Sempat 20 Hari jadi Menteri

Ia pun tidak mau berandai-andai bila Presiden Jokowi menunjuk dirinya untuk menggantikan Arcandra Tahar memimpin kementerian yang memiliki peranan cukup strategis tesebut. Dwi menegaskan masih banyak urusan sektor energi yang dipegang oleh Pertamina yang harus dibenahinya.


Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

"Tidak usah berandai-andai. Kerjaan sekarang masih banyak tugas yang harus diselesaikan," tegas dia.

Baca: Luhut Ingin Arcandra Kembali Jabat Menteri ESDM

Mantan Direktur Semen Indonesia ini menambahkan, beberapa tugas yang saat ini diemban Pertamina di antaranya pembangunan infrastruktur energi seperti kilang dan peningkatan kapasitas hulu.

"Tugas Pertamina banyak dan kita harus bangun kilang yang efisien dan bangun infrastruktur. Kemudian bangun kapasitasnya hulu masih banyak dengan kebutuhan investasi begitu besar. Kita tentu harus menyelesaikan masalah keuanganya," jelas dia.

Baca: Diisukan Jadi Pengganti Arcandra, Ini Tanggapan Satya Yudha

Adanya fokus semacam itu dinilainya akan memberikan dampak terhadap terkelolanya tata migas yang jauh lebih baik. "Saya kira mudah-mudahan kalau ke depan punya tata kelola (migas) yang bagus," pungkas dia.


(ABD)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KEMENTERIAN ESDM
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA ENERGI
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 26-09-2017