DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 51.179.914.135 (23 NOV 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Pertamina-PGN Buka Opsi Tukar Aset Integrasi Holding BUMN Migas

Annisa ayu artanti - 17 April 2018 09:02 wib
Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Pertamina sekaligus Ketua Tim Implementasi Holding Migas, Nicke Widyawati. Dok: MI.
Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Pertamina sekaligus Ketua Tim Implementasi Holding Migas, Nicke Widyawati. Dok: MI.

Jakarta: PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahan Gas Negara Tbk (PGN) mengkaji opsi tukar (swap) aset PT Pertamina Gas (Pertagas) dan PT Saka Energi untuk proses integrasi setelah holding BUMN migas terbentuk.

Setelah holding BUMN migas terbentuk pada 11 April 2018 lalu agenda berikutnya adalah persiapan akuisisi Pertagas oleh PGN. PGN mencetuskan untuk melakukan opsi swap aset Pertagas dengan Saka Energi yang merupakan anak usaha PGN.

Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Pertamina sekaligus Ketua Tim Implementasi Holding Migas, Nicke Widyawati mengatakan opsi itu memang masih dikaji. Saat ini tim valuasi tengah menghitung berapa besaran nilai dari akuisisi tersebut. 

"Bisa jadi (swap aset), itu salah satu opsi. Tapi yang pasti kan semua di valuasi dulu, mekanismenya seperti apa nanti jangan sampai cash flownya PGN bermasalah," kata Nicke ditemui disela-sela rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR-RI, Jakarta, Senin, 16 April 2018.

Nicke berharap paling tidak dalam jangka waktu empat bulan setelah holding BUMN migas terbentuk proses akuisisi kedua belah pihak dapat berjalan lancar sehingga proses integrasi selanjutnya bisa dilakukan.

"Targetnya sih, kapan ya. Empat bulan lah. Kan tanggal lahirnya 11. Mudah-mudahan lancar," ucap Nicke.

Nicke juga menambahkan, landasan proses integrasi ini adalah akta pengalihan saham yang telah diterbitkan Menteri BUMN tentang holding migas. 

"Secara hukum sih gitu, tapi ada swap atau gimana, kita liat dulu cash flow PGN," pungkas dia.

Sebelumnya, Menteri BUMN Rini Soemarno telah menyetujui integrasi antara anak usaha Pertamina yakni Pertagas dengan PGN. Proses integrasi tersebut akan melewati metode akuisisi.

Namun Direktur Komersial PGN‎, Danny Praditya mengaku, perusahaan akan menghitung dulu valuasi keseluruhan aset yang dimiliki Pertagas. Proses integrasi juga tidak saklek menggunakan metode akuisisi. PGN membuka opsi right issue atau swap aset untuk integrasi tersebut.

"Semua sedang dikaji sama tim transaksi, nilainya berapa, kemudian metodenya mau akuisisi, right issue atau swap. Setelah itu baru bisa kita tentukan kemudian," jelas Danny.

Terkait pencarian dana untuk integrasi, dia juga belum bisa menjelaskan secara gamblang. Karena, metode integrasi belum bisa diputuhkan. 

"Bisa pinjaman, bisa swap, bisa aset swap, bisa segala macam," pungkas Danny.


(SAW)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG HOLDING BUMN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA ENERGI
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 10-12-2018