Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.676.534.291 (20 JULI 2018)

Pemerintah Longgarkan Penetapan BBM Euro IV di Daerah Terpencil

Annisa ayu artanti - 17 April 2018 07:00 wib
BBM ANT/Sigid Kurniawan.
BBM ANT/Sigid Kurniawan.

Jakarta: Pemerintah memberi kelonggaran penerapan Bahan Bakar Minyak (BBM) standar Euro IV untuk daerah yang terpencil atau sulit dijangkau. 

Hal itu dikatakan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar setelah diskusi dengan PT Pertamina (Persero) dan Menteri Perindustrian. Terdapat beberapa pertimbangan yang membuat pemerintah memberikan kelonggaran penerapan BBM standar Euro IV. Salah satunya adalah kesulitan menjangkau daerah tersebut.

"Saya sudah diskusi dengan Pertamina dan Menteri Perindustrian terhadap Euro IV ini. Memang ada pengecualian, ada transisi kendaraan-kendaraan tertentu, dari beberapa jenis ada relaksasinya," kata Siti Nurbaya di Komplek Parlementer Senayan, Jakarta, Senin, 16 April 2018.

Siti juga melanjutkan dirinya telah berbicara dengan Pertamina mengenai distribusi BBM standar Euro IV. Menurut pihak Pertamina setiap produk BBM memiliki penanganan khusus untuk didistribusikan ke daerah tertentu.

"Tetapi Pertamina bilang ke saya bahwa dia punya kesulitan. Karena setiap produk Pertamina dari awal sampai distribusi itu alat-alatnya tertentu," ujar dia.

Kelonggaran tersebut, kata Siti, berupa penerapan BBM standar Euro IV yang berbeda dengan daerah-daerah yang ramai penduduk. Daerah yang dianggap sulit itu diberi waktu penerapan BBM standar Euro IV enam bulan setelah September 2018. "Enam bulan dari September 2018," ujar dia.

Sedangkan, untuk daerah ramai penduduk seperti Jabodetabek harus menerapkan BBM standar Euro IV pada September 2018. "Kami menerapkan kalau bisa di daerah yang padat dulu," jelas dia.



(SAW)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG BBM
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA ENERGI
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sun , 22-07-2018