Menteri ESDM akan Ungkapkan Perkembangan Harga Minyak dalam Pertemuan OPEC

Annisa ayu artanti - 12 April 2016 21:10 wib
MJenteri ESDM Sudirman Said (Tengah). ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf.
MJenteri ESDM Sudirman Said (Tengah). ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Indonesia menyatakan akan berpartisipasi dalam pertemuan negara organisasi negara pengekspor minyak (Organization of Petroleum Exporter Countries/OPEC) pada tanggal 17 April mendatang.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said mengatakan sebagai anggota baru pastinya akan datang menghadiri pertemuan tersebut. Pertemuan itu dijadwalkan akan membahas perkembangan harga minyak saat ini dan usulan beberapa negara untuk menghentikan produksi minyak demi menjaga kestabilan harga.

"17 April akan ada pertemuan negara OPEC dan non-OPEC untuk membicarakan mengenai perkembangan harga minyak dunia. Kita tidak tau, karena kita kan anggota baru ya. Jadi kalau diundang hadir," kata Sudirman usai rapat kerja dengan Komisi VII DPR-RI, di Komplek Parlementer, Senayan, Jakarta, Selasa (12/4/2016).

Menurutnya, seluruh usulan seperti menghentikan produksi minyak di beberapa negara produsen, akan diserahkan sepenuhnya ke pertemuan tersebut. Indonesia sebagai negara yang baru bergabung belum bisa memberikan masukan lebih jauh.

"Tapi kan tergantung pada diskusi pada waktu pertemuan itu kan. Jadi belum tahu gimana," ucap dia.

Sekadar informasi, sebelumnya beberapa negara OPEC telah sepakat untuk melakukan pembahasan mengenai pembekuan produksi minyak di negara-negaranya demi menaikan harga minyak dunia. Namun, menjelang hari-H, Saudi Arabia goyang, Arab tetap ingin melakukan kegiatan produksinya.


(SAW)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG OPEC
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA ENERGI
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 26-09-2017