Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.408.300.797 (20 JUNI 2018)

Penurunan Jumlah Rig AS Dorong Harga Minyak Menguat

- 10 Maret 2018 08:05 wib
Ilustrasi (AFP PHOTO/SCOTT HEPPELL)
Ilustrasi (AFP PHOTO/SCOTT HEPPELL)

New York: Harga minyak dunia menguat pada akhir perdagangan Jumat waktu setempat (Sabtu WIB), karena jumlah rig pengeboran minyak Amerika Serikat (AS) turun untuk pertama kalinya dalam tujuh pekan terakhir.

Mengutip Antara, Sabtu, 10 Maret 2018, West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman April meningkat USD1,92 menjadi menetap di USD62,04 per barel di New York Mercantile Exchange. Minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Mei bertambah USD1,88 menjadi ditutup pada USD65,49 per barel di London ICE Futures Exchange.

Jumlah rig yang beroperasi di ladang-ladang minyak AS mengalami penurunan sebanyak empat rig menjadi total 796 rig minggu ini, mengakhiri kenaikan beruntun selama enam minggu, demikian laporan perusahaan jasa ladang minyak Baker Hughes.



Para pedagang juga didorong oleh rencana pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan Kim Jong Un, pemimpin tertinggi Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK), yang dapat mengurangi ketegangan geopolitik dan mendukung permintaan minyak dunia.

Trump pada Kamis 8 Maret sepakat untuk bertemu Kim pada Mei atas undangan Kim. Trump bisa menjadi Presiden AS pertama yang duduk bertemu dengan pemimpin tertinggi DPRK, yang menurut pengamat akan menjadi langkah besar untuk menyelesaikan masalah nuklir Semenanjung Korea.

Total pekerjaan non-pertanian AS meningkat senilai 313.000 pada Februari 2018 dan tingkat pengangguran tidak berubah senilai 4,1 persen, demikian keterangan Departemen Tenaga Kerja AS. Para ekonom memperkirakan kenaikan 200.000 pekerjaan.

 


(ABD)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG MINYAK MENTAH
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA GLOBALS
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 23-06-2018