Emas Dunia Berakhir Lebih Tinggi

- 15 Februari 2018 09:31 wib
Ilustrasi (FOTO: AFP)
Ilustrasi (FOTO: AFP)

Chicago: Kontrak emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange mengakhiri sesi perdagangan fluktuatif pada Rabu waktu setempat (Kamis WIB), dengan lebih tinggi. Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman April naik USD27,6 atau 2,07 persen, menjadi ditutup pada USD1.358,00 per ons.

Mengutip Antara, Kamis, 15 Februari 2018, sedangkan untuk logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Maret naik 35 sen atau 2,12 persen, menjadi menetap di USD16,878 per ounce. Platinum untuk penyerahan April naik USD23,40 atau 2,40 persen, menjadi ditutup pada USD999,10 per ons.

Departemen Tenaga Kerja AS pada pagi meluncurkan Indeks Harga Konsumen (IHK) untuk Januari, yang naik 0,5 persen, menandai kenaikan terbesar dalam lima bulan. IHK terbaru menambah kekhawatiran baru-baru ini tentang kenaikan inflasi, meningkatkan prospek kenaikan suku bunga Federal Reserve pada 2018 lebih dari tiga kali kenaikan.

Ekspektasi ini mendukung indeks dolar AS, sebuah ukuran greenback terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya, dan mendorong beberapa penjualan agresif pada logam mulia. Namun, menurut data yang dikeluarkan oleh Departemen Perdagangan AS, perkiraan pendahuluan penjualan ritel dan jasa-jasa makanan untuk Januari mencapai USD492 miliar, turun 0,3 persen.

Dengan inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan, penjualan ritel yang lemah selama periode yang sama, menyebabkan kekhawatiran kemungkinan stagflasi dan membalikkan penurunan emas berjangka karena indeks dolar AS turun di bawah 90 lagi.

Sementara itu, harga untuk West Texas Intermediate (WTI), patokan AS untuk harga minyak, meningkat 0,37 persen menjadi USD59,41 per barel. Sementara minyak Brent meningkat 0,64 persen menjadi USD63,12 per barel, sekitar USD7,0 lebih rendah dari harga tertinggi untuk keduanya yang dicetak pada akhir tahun lalu.

Menurut Laporan Mingguan Status Minyak oleh EIA, persediaan minyak mentah komersial AS, tidak termasuk Cadangan Minyak Strategis, dalam minggu yang berakhir 9 Februari, meningkat sebanyak 1,8 juta barel dari minggu sebelumnya.


(ABD)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG HARGA EMAS
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA GLOBALS
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 20-02-2018