Harga Minyak Dunia Bervariasi di Tengah Kekhawatiran Kelebihan Pasokan

- 14 Februari 2018 08:03 wib
Ilustrasi (FOTO: Xinhua)
Ilustrasi (FOTO: Xinhua)

New York: Harga minyak dunia bervariasi pada akhir perdagangan Selasa waktu setempat (Rabu WIB). Kondisi itu terjadi karena Badan Energi Internasional (IEA) mengatakan pasokan minyak global akan melampaui permintaan tahun ini.

Mengutip Antara, Rabu, 14 Februari 2018, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret, turun USD0,10 menjadi menetap di USD59,19 per barel di New York Mercantile Exchange. Sementara itu, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman April, naik USD0,13 menjadi ditutup pada USD62,72 per barel di London ICE Futures Exchange.

Menurut sebuah laporan yang dikeluarkan oleh IEA pada Selasa 13 Februari, produksi meningkat dengan cepat di negara-negara non-OPEC (Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak), yang dipimpin oleh AS, kemungkinan akan tumbuh lebih besar dari permintaan pada 2018.



Pertumbuhan permintaan minyak global untuk tahun ini telah meningkat sedikit menjadi 1,4 juta barel per hari (bph), sebagian karena perkiraan optimistis Produk Domestik Bruto (PDB) dari IMF, kata IEA.

Di sisi penawaran, faktor utamanya adalah produksi minyak AS. Semua indikator menunjukkan berlanjutnya pertumbuhan cepat di AS berada dalam keselarasan sempurna karena meningkatnya harga menyebabkan pengeboran lebih banyak, lebih banyak penyelesaian, lebih banyak produksi dan lebih banyak lindung nilai.

Namun demikian, OPEC mengatakan pada Senin bahwa permintaan minyak dunia akan tumbuh lebih cepat dari yang diperkirakan pada 2018 karena ekonomi dunia sehat, menambah dukungan terhadap upaya-upaya kelompok produsen untuk mengatasi kelebihan pasokan dengan memangkas produksi mereka.

 


(ABD)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG MINYAK MENTAH
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA GLOBALS
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 22-02-2018