Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.408.300.797 (20 JUNI 2018)

Meksiko Sebut Proteksionisme Bukan Cara Melindungi Perdagangan

Angga Bratadharma - 13 Juni 2018 14:04 wib
Ilustrasi (Alfredo Estrella/AFP)
Ilustrasi (Alfredo Estrella/AFP)

Meksiko: Menteri Pariwisata Meksiko Enrique de la Madrid menilai proteksionisme bukan cara untuk melindungi Meksiko dari sejumlah tekanan yang datang dari sisi perdagangan. Adapun Meksiko terus mempertahankan momentum pertumbuhan ekonomi dengan tidak turut merusak sistem perdagangan dunia karena berdampak buruk bagi negara lain.

De la Madrid menambahkan ketika Meksiko berjuang untuk menghadapi kebijakan perdagangan proteksionisme baru dari Amerika Serikat yang merupakan mitra dagang terbesar, negara itu harus menahan diri dari mengadopsi langkah-langkah serupa dan malah terus bekerja untuk meningkatkan hubungan perdagangan dengan negara lain.

"Kami hidup di saat pikiran tertutup dan proteksionisme. Hal terburuk yang bisa terjadi pada kita orang-orang Meksiko adalah mengikuti tren itu serta berpikir bahwa dengan menutup diri kita melindungi diri kita sendiri," kata De la Madrid, seperti dikutip dari Xinhua, Rabu, 13 Juni 2018.



Meksiko berada di tengah-tengah renegosiasi yang kompleks terkait Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara atau North American Free Trade Agreement (NAFTA) dengan Amerika Serikat dan Kanada yang mungkin tidak berhasil disimpulkan secara menguntungkan.

"Solusinya tidak harus berpikiran tertutup dan bukan proteksionisme. Solusinya adalah sebaliknya dan itu adalah untuk membuka lebih banyak ke dunia. Untuk membuka Meksiko lebih ke dunia dan menghubungkan lebih banyak bagian dari negara kita dengan luar, " kata De la Madrid.

Pada 1 Juni, Amerika Serikat memberlakukan tarif tinggi pada impir pada baja yang diimpor (25 persen) dan aluminium (10 persen) dari Uni Eropa serta Meksiko dan Kanada, mitra Amerika Serikat dalam Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara. Pekan lalu, Meksiko mengumumkan tarif antara 15 dan 25 persen pada baja dan produk pertanian dari Amerika Serikat.

 


(ABD)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG MEKSIKO
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA GLOBALS
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 21-06-2018