Penderita Maag Bolehkah Minum Kopi?

Pelangi Karismakristi - 14 Mei 2018 07:02 wib
Bagi pengidap maag, kafein bisa menjadi pemicu maag kambuh (Foto:Shutterstock)
Bagi pengidap maag, kafein bisa menjadi pemicu maag kambuh (Foto:Shutterstock)

Jakarta: Minum kopi kini menjadi bagian dari gaya hidup sebagian orang. Apalagi dengan menjamurnya kafe dengan menu kopi bervariasi, membuat pecintanya makin 'kecanduan.'

Tak hanya masyarakat Indonesia yang gemar minum kopi. Di Amerika, ada sekitar 180 juta orang yang mengawali harinya dengan minum kopi. Namun Anda perlu waspada, karena mengonsumsinya secara berlebih akan memberikan efek samping. Terutama bagi yang menderita penyakit maag. 

Kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan produksi asam lambung dan peradangan pada lambung. Kafein juga membuat cincin otot kerongkongan rileks pada bagian bawah, sehingga asam lambung naik ke kerongkongan, seperti yang terjadi pada penderita refluks asam lambung (GERD).

Bagi pengidap maag, kafein bisa menjadi pemicu maag kambuh. Oleh karena itu ada baiknya mengurangi minum kopi, paling banyak secangkir kecil dalam sehari. Jika lebih dari itu, dikhawatirkan asam lambung naik dan maag pun kambuh.

Selain kafein, kopi juga mengandung zat lain. Penelitian American Chemical Society pada 2010 menemukan dua zat lain, yakni katekol dan n-alkanoly-5-hydroxyptamides. Keduanya dapat merangsang sekresi asam lambung dalam perut.

Bila Anda minum kopi dalam kondisi perut kosong pada pagi hari, akan merangsang produksi asam klorida (HCl). Hal ini bisa menjadi masalah karena sebenarnya HCl diproduksi untuk membantu mencerna makanan. Jika tubuh memproduksi terlalu banyak HCl saat merespons secangkir kopi, maka tubuh akan sulit memproduksinya lagi ketika Anda makan.

Dokter umum dan penulis artikel medis, dr Rio Aditya, menganjurkan agar Anda tak langsung minum kopi ketika kondisi perut masih kosong. Ditambah lagi jika dibarengi dengan makanan instan, pedas, dan berminyak.

"Kalau belum makan, tapi langsung minum kopi itu bahaya, apalagi ditambah makan pedas dan instan. Ini karena asam lambung akan meningkat dan memicu sakit maag," kata dr Rio Aditya. 

Bagi penderita maag, tak dilarang minum kopi. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, agar maag tak kambuh. "Kalau misal sudah kebiasaan, bisa dikurangi pelan-pelan. Kopinya diganti jangan yang terlalu asam dan pekat. Saat minum kopi juga jangan dibarengi makanan instan, pedas, dan gorengan," ucapnya.

Agar Anda tetap bisa menikmati minum kopi, sediakan selalu Promag. Kandungan Hydrotalcite di dalam Promag akan membantu membentuk lapisan dinding lambung, sehingga mampu mengurangi nyeri karena iritasi asam lambung. 

Promag  dijual dalam empat kemasan, yakni Promag Tablet, Promag Cair dan Promag Fruity yang mengatasi sakit maag akut, serta Promag Double Action. Dianjurkan mengonsumsi sebelum makan, sehingga lambung dalam kondisi siap menerima makanan. Dapat pula diminum segera saat timbul gejala. Jika maag menyerang, sedia selalu Promag, ahlinya lambung.


(ROS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KALBE NUTRITIONALS
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
MORE
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
MOST COMMENTED
POPULAR FOTO
ADVERTISEMENT

Sat , 26-05-2018