DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 51.179.914.135 (23 NOV 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

IMF dan Bank Dunia Terpesona Pidato `Game of Thrones` Jokowi

Suci Sedya Utami - 12 Oktober 2018 14:14 wib
Presiden Jokowi bersama dengan Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde (Foto: Twitter IMF)
Presiden Jokowi bersama dengan Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde (Foto: Twitter IMF)

Nusa Dua: Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) dan Bank Dunia (WB) memuji pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka sidang umum Pertemuan Tahunan IMF-World Bank 2018. Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mengumpamakan kondisi dunia sekarang ini seperti halnya film seri Game of Thrones.

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde mengaku terpesona dengan apa yang disampaikan Jokowi dalam pidatonya. Ia menilai pidato Jokowi sangat mewakili situasi dan kondisi sekarang ini. Bahkan, lanjut mantan Menteri Keuangan Prancis ini, pidato tersebut membawa Pertemuan Tahunan IMF-WB ke level yang lebih tinggi

"Saya juga berterima kasih pada Presiden Jokowi karena telah menyampaikan pidato dengan sangat mengesankan. Kami begitu kurang berhasil untuk meyampaikan yang sama," ujar Lagarde sambil sedikit tertawa, di Nusa Dua, Bali, Jumat, 12 Oktober 2018.

Hal senada juga terlontar dari Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim yang menilai pidato tersebut sangat baik. Dia mengakui tidak bisa memberikan pidato dengan kata-kata sehebat itu. "Ketika saya mendengar Presiden Jokowi bicara, saya pikir ini waktunya untuk saya pulang karena tidak bisa menyampaikan yang sehebat itu," tutur Kim.



Di sisi lain, Jim Yong Kim memuji persiapan matang Pemerintah Indonesia dalam menyelenggarakan Pertemuan Tahunan IMF-WB 2018. Persiapan matang itu dilakukan di tengah kesulitan Indonesia karena sedang menghadapi bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah dan Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Kami berdiri tegak dengan Indonesia. Kami mendukung sepenuhnya pemerintah dan masyarakat Indonesia," tukas Yong Kim.

Saat membuka sidang umum Pertemuan Tahunan IMF-World Bank 2018, Presiden Jokowi mengumpamakan kondisi dunia saat ini seperti halnya film seri Game of Thrones. Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengajak seluruh dunia untuk bersatu bersama-sama mencapai pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Menurutnya saat ini bukan waktu yang tepat untuk saling bersaing dan menjatuhkan satu sama lain. "Memasuki musim final serial Game of Thrones, saya yakin cerita akhirnya akan mengandung pesan moral bahwa menang kalah akan membawa penderitaan bagi yang menang atau yang kalah," kata Presiden Jokowi.

 


(ABD)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PERTUMBUHAN EKONOMI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MAKRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 10-12-2018