Menkeu Terus Evaluasi Dana Desa

Suci Sedya Utami - 13 September 2017 08:15 wib
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terus melakukan evaluasi terhadap capaian dan serapan dana desa yang tahun ini telah dianggarkan dalam APBNP sebesar Rp60 triliun.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan pihaknya bekerja sama dengan kementerian dan lembaga (K/L) lain dalam melakukan evaluasi tersebut.

"Evaluasi kita gunakan BPKP (Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan) membuat sistem akuntansinya," kata Ani di Kemenkeu, Jakarta Pusat, Selasa 12 September 2017.

Kemenkeu, kata Ani juga bekerja sama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi untuk ikut memantau progres penggunaan dana desa.

Baca: Menteri Desa Peringatkan Pengelolaan Dana Desa

"Dari sisi Kementerian Desa yang dapat anggaran memperkerjakan banyak sekali coach, itu dilakukan," tutur dia.

Terkait mengenai jumlah serapan dana desa hingga saat ini, Ani mengakui tak hafal dengan angka pasti tersebut.

Sebelumnya, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengingatkan pemangku desa agar tidak main-main mengelola dana desa.

Dia meminta kepada masyarakat untuk tidak takut melaporkan setiap adanya indikasi penyelewengan dana desa. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada Satgas Dana Desa melalui Call Center 1500040.

"Pemerintah pasti akan menindaklanjuti setiap laporan tersebut. Pengawasan dana desa akan lebih efektif dengan bantuan pengawasan dari semua unsur masyarakat," ujar dia.

 


(AHL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG DANA DESA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MAKRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sun , 24-09-2017