Gelar Sensus Penduduk 2020, BPS Buat Pilot Project di 7 Provinsi

Suci Sedya Utami - 14 Februari 2018 10:48 wib
Kepala BPS Suhariyanto saat kick off sensus penduduk 2020. (FOTO: Medcom.id/Suci Sedya Utami)
Kepala BPS Suhariyanto saat kick off sensus penduduk 2020. (FOTO: Medcom.id/Suci Sedya Utami)

Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) tengah menyiapkan sensus penduduk 2020. Hari ini, Rabu, 14 Februari 2018, BPS terlebih dahulu melakukan kick off atau pengenalan dan sosialisasi.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan pada Juli 2018, BPS bakal mengadakan pilot project dari sensus penduduk di tujuh Provinsi di antaranya yakni Sumatera Utara, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, NTT, dan Maluku Utara.

"Juli 2018 BPS akan adakan sebuah pilot sensus mini. Nah Insyaallah 2019 kita akan lakukan gladi bersih dan 2020 akan dilakukan secara serentak," kata Suhariyanto dalam kick off sensus penduduk di Kantor Pusat BPS, Jakarta Pusat, Rabu, 14 Februari 2018.

Suhariyato mengatakan, sensus penduduk 2020 merupakan sensus penduduk ke tujuh yang dilakukan Indonesia sejak pertama kali melakukan sensus 1961.

Dirinya mengatakan hasil sensus akan memperikan manfaat yang penting dari pelaksanaan dan evaluasi capaian program tujuan pembangunan berkesinambungan atau sustainable development goals (SDGs) di Indonesia.

"Hasil sensus penduduk 2020 kita harap mendapatkan berbagai manfaat untuk kemajuan SDGs, sejalan dengan keinginan Presiden yang sangat serius untuk mengintegrasikan 17 goal dalam SDGs," jelas dia.

Adapun sensus kali imi, BPS berusaha untuk memenuhi tiga prinsip dasar ABC yakni accurate, benchmark, dan comprehensive. BPS bakal menggunakan teknologi geospasial sebagai kerangka dalam pengumpulan data.

Lebih lanjut, dalam pencacahan data, BPS menggunakan tiga jenis yakni PEPI (pencil and paper interview), CAPI (computer assisted personal interview), CAWI (computer assisted web interview) serta ada juga registrasi penduduk bekerja sama dengan Dukcapil.

 
(AHL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG SENSUS
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MAKRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 24-05-2018