BI: Minggu Ketiga Agustus Deflasi 0,06%

Eko Nordiansyah - 22 Agustus 2016 15:46 wib
Ilustrasi Bank Indonesia (BI). MI/Usman Iskandar.
Ilustrasi Bank Indonesia (BI). MI/Usman Iskandar.

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) menyebut, kondisi inflasi untuk bulan ini semakin terkendali. Bank sentral memperkirakan terjadi deflasi untuk Agustus sebesar 0,06 persen.

"Mungkin tambahan terkait inflasi cukup baik. Ini sudah minggu ke tiga masih deflasi 0,06 persen," kata Gubernur BI Agus Martowardojo di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (22/8/2016).

Dengan pencapaian ini, BI optimistis jika target inflasi untuk tahun ini bisa tercapai. Hingga akhir tahun, inflasi diproyeksikan berada pada level empat plus minus satu persen.

Sementara itu, Deputi Gubernur Senior BI, Mirza Adityaswara menjelaskan jika pola inflasi setiap tahunnya relatif sama. Apalagi setelah adanya puasa dan lebaran di dua bulan lalu, maka inflasi akan cenderung turun seiring tren penurunan harga.

Dirinya menambahkan, inflasi puasa dan lebaran tahun ini tidak terlalu tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Dengan inflasi 0,66 persen dan 0,69 persen month to month (mtm), maka Agustus diprediksi deflasi.

"Jadi sampai agustus nampaknya perkembangannya masih deflasi. Ya biasanya begitu polanya, setelah kenaikan harga di lebaran ada koreksi ke bawah. Memang sebulan dan dua bulan," pungkasnya.


(SAW)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG BANK INDONESIA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MAKRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sun , 24-09-2017