BI Perkirakan Inflasi Minggu Pertama April 0,11%

Eko Nordiansyah - 12 April 2018 09:55 wib
Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowadojo (MI/ROMMY PUJIANTO)
Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowadojo (MI/ROMMY PUJIANTO)

Jakarta: Bank Indonesia (BI) memperkirakan tingkat inflasi sampai dengan minggu pertama di April mencapai 0,11 persen. Hal ini sebagaimana tercermin dari hasil Survei Pemantauan Harga (SPH) yang dilakukan bank sentral terhadap Indeks Harga Konsumen (IHK).

Gubernur BI Agus DW Martowardojo mengatakan tingkat inflasi diperkirakan jauh lebih rendah dari prediksi sebelumnya. Bank sentral memperkirakan inflasi pada bulan ini akan berada pada level 0,2 persen.

"Inflasi april yang kita dengar jauh lebih terkendali dari perkiraan. Kita perkirakan tadinya di 0,2 persen, kelihatannya 0,11 persen tapi minggu pertama (di April)," kata Agus, usai rapat dengan Komisi XI DPR, Senayan, Jakarta, Rabu, 11 April 2018.

Dirinya menambahkan beberapa komoditas masih mencatatkan inflasi pada April ini. Namun demikian, inflasi akan tetap terkendali dan bisa mencapai target yang telah ditetapkan sebelumnya.

"Saya secara umumnya tidak ingat (komoditas penyumbang inflasi) tetapi yang perlu dapat perhatian adalah bawang merah dan cabai merah tapi inflasinya akan tetap terjaga dikisaran 3,5 persen," jelas dia.

Tahun ini, bank sentral menargetkan inflasi pada kisaran 3,5 persen plus minus satu persen. Target tersebut lebih rendah dari target yang ditetapkan tahun lalu. BI terus berupaya bersama pihak lain menjaga agar gerak inflasi terkendali.

 


(ABD)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG INFLASI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MAKRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 20-04-2018