Dirjen Pajak: Ada Artis yang Berantem karena tak Diberi Bukti Potong Pajak

Suci Sedya Utami - 14 September 2017 11:39 wib
Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi. (FOTO: ANTARA/AKBAR NUGROHO GUMAY)
Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi. (FOTO: ANTARA/AKBAR NUGROHO GUMAY)

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Ken Dwijugiasteadi mengatakan ada wajib pajak di industri hiburan atau seni peran yang berantem di hadapannya karena tak diberikan bukti potong oleh pihak pemberi kerja.

"Ada artis yang berantem, di depan saya lagi berantemnya," kata Ken di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu malam 13 September 2017.

Bukti potong menjadi penting bagi wajib pajak dalam mengisi surat pemberitahuan (SPT) pajak. Bukti potong menunjukkan berapa nilai pajak yang harus dibayarkan para wajib pajak. Untuk profesi di industri hiburan, banyak di antaranya mengeluhkan tak diberikan bukti potong. Sehingga ketika mereka mengisi SPT, seringkali dianggap kurang bayar dan sebagainya.

Ken pun tak menyesalkan mengapa sampai ada artis yang kesal dan berantem karena tak mendapatkan bukti potong yang menjadi haknya. Ia pun menyayangkan sikap pemberi kerja yang tak memberikan bukti potong tersebut.

"Biar saja mereka berantem sendiri dengan yang motong (pemberi kerja) karena banyak yang tidak disetor. Pukulin saja itu yang potong enggak setor," canda Ken.

Baca: Butet Kertaradjasa Minta DJP Beri Akses Bukti Potong ke Pelaku Seni

Sebelumnya, seniman senior Tanah Air, Butet Kertaradjasa mengeluhkan permasalahan bukti potong yang jarang sekali diberikan oleh pada pemberi kerja.

Dalam bincang pajak bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Butet meminta agar Direktorat Jenderal Pajak (DJP) juga membantu untuk meringankan beban pajak dengan mengizinkan mereka sebagai wajib pajak bisa mengakses bukti potong.

'Mohon pada Pak Ken (Dirjen Pajak) kalau bisa agar terbuka institusinya itu, kan kalau kantor pajak pasti dapat juga bukti potong dari yang memungut, kami kadang-kadang amburadul enggak urusan, ada EO yang mengundang setor pajak tapi bukti potong enggak ada, sekarang sudah enggak ketemu lagi," kata Butet.


(AHL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PAJAK PROFESI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MAKRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 21-09-2017