Kuartal I-2018, Menkeu Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi 5,2%

Suci Sedya Utami - 17 April 2018 07:24 wib
Ilustrasi. Ant/Fanny Octavianus.
Ilustrasi. Ant/Fanny Octavianus.

Jakarta: Menteri Keuangan (menkeu) Sri Mulyani Indrawati memproyeksikan perekonomian Indonesia di kuartal I-2018 tumbuh 5,2 persen. Sementara sepanjang tahun ini targetnya masih berada dalam besaran yang diasumsikan di APBN yakni 5,4 persen.

"Growth kuartal satu masih di range 5,22 persen sampai 5,41 persen tahun ini. Range kita enggak terlalu lebar ya, tapi kuartal satu di 5,2 persen," kata Ani di Kemenkeu, Jakarta Pusat, Senin, 16 April 2018.

Ani mengatakan keyakinan terhadap pertumbuhan ekonomi di kuartal I didukung dengan capaian penerimaan pajak maupun nonpajak yang positif. Hal tersebut menggambarkan perbaikan dan optimisme pada kegiatan ekonomi.

Dia bilang, perbaikan juga masih akan berlanjut di kuartal-kuartal selanjutnya, apalagi pemerintah baru saja memperbaiki dan mengumumkan adanya insentif fiskal untuk mendorong sektor riil.

"Pemerintah akan terus mencoba menjaga agar mementum itu terus terjaga," tutur dia.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menambahkan, di kuartal II, dirinya melihat perekonomian akan lebih positif karena adanya momen puasa dan lebaran. 

Pemerintah akan memberikan insentif berupa THR bagi para PNS aktif dan pensiunan dengan tujuan meningkatkan konsumsi pada masa ini. Pemerintah juga berupaya menjaga harga agar tak menekan daya beli. 

"Di kuartal tiga kita akan lihat ada Asian Games, jadi momentum itu akan terus terbawa. Kuartal empart kita punya annual meeting IMF-Bank Dinia. Jadi kita punya terus momentum yang menjaga optimisme itu, kalau dari sisi pure domestik itu momentum positif," pungkas Ani.



(SAW)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG EKONOMI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MAKRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 20-04-2018