DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 41.348.051.099 (17 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Kenaikan Rating Moody's Bukti Kepercayaan pada Pengelolaan Utang Pemerintah

Suci Sedya Utami - 14 April 2018 16:12 wib
Menko Perekonomian Darmin Nasution (MI/PANCA SYURKANI)
Menko Perekonomian Darmin Nasution (MI/PANCA SYURKANI)

Batam: Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan kenaikan peringkat utang Pemerintah Indonesia yang dilakukan oleh Moody's membuktikan kepercayaan lembaga rating internasional itu pada pemerintah dalam mengelola utang.

Dalam penilain yang dilakukan Moody's, kata Darmin, salah satu yang disoroti yakni terkait utang. Dia bilang, rasio utang Indonesia terhadap produk domestik bruto (PDB) masih di bawah 30 persen. Sementara, negara-negara dengan rating investment grade yang sama jauh berada di atas level tersebut.

"Pokoknya mereka bilang di bawah rata-rata negara yang investment grade, sehingga dianggap cukup, ke depannya mereka masih percaya," kata Darmin di Batam, Jumat, 13 April 2018.

Selain itu, Darmin mengatakan sebagai lembaga rating yang besar, tentu Moody's selalu mempertaruhkan reputasi dan kredibilitas institusinya apabila menaikkan rating suatu negara. 
Dia bilang, kenaikan tersebut tentu telah dikaji secara mendalam dan berbicara oleh banyak pemangku kepentingan untuk mengevaluasi data dan informasi.

Dari sisi moneter, kata Darmin, disebutkan kebijakannya memiliki kemampuan adaptif terhadap situasi sehingga bisa menciptakan ketahanan. Kemudian di sisi fiskal pun demikian, dan juga sektor riil.

"Artinya apa? Paling tidak, yang bisa kita katakan adalah lembaga rating internasional saja percaya," tandas Darmin.

Sebelumnya, Moody's memutuskan untuk meningkatkan peringkat utang dalam negeri Pemerintah Indonesia dan utang luar negeri ke Baa2 dari sebelumnya Baa3. Dengan kenaikan tersebut maka ada perubahan menjadi stabil dari positif.

Mengutip keterangan resmi Moody's, Jumat, 13 April 2018, peningkatan ke Baa2 didukung oleh kerangka kebijakan yang semakin kredibel, efektif, dan kondusif bagi stabilitas makroekonomi. Selain itu, peningkatan penyangga keuangan, kebijakan fiskal, dan moneter yang bijaksana memperkuat keyakinan Moody's.


(SCI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG MOODYS
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MAKRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 19-10-2018