DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 20.100.381.901 (21 SEP 2018)

Ingin Investasi Surat Utang Online? Begini Caranya

Suci Sedya Utami - 07 April 2018 00:09 wib
Direktur Surat Utang Negara Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Loto Srinaita Ginting. (FOTO: Medcom.id/Suci Sedya)
Direktur Surat Utang Negara Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Loto Srinaita Ginting. (FOTO: Medcom.id/Suci Sedya)

Jakarta: Pemerintah berencana menerbitkan surat berharga negara (SBN) ritel dengan sistem online pada Mei 2018. Hal tersebut dalam rangka memperluas basis investor dan mempermudah masyarakat untuk berinvestasi.

Selama ini, pembelian surat utang yang dilakukan calon investor atau masyarakat dilakukan dengan cara offline atau mendatangi langsung agen penjual seperti perbankan, sekuritas dan lain sebagainya. Lantas bagaimana cara membelinya untuk yang diterbitkan secara online?

Direktur Surat Utang Negara Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Loto Srinaita Ginting menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan masyarakat untuk membeli secara online. Pertama-tama, masyarakat mesti melakukan registrasi terlebih dahulu ke mitra distribusi atau agen penjual melalui website.

Registrasi tersebut dilakukan untik mendapatkan single investor identification (SID). Loto mengatakan sejauh ini telah ada sembilan mitra distribusi yang ikut bergabung dalam penjualan SBN Ritel Online SBR003 ini, adalah Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA, Bank Permata, Bank DBS, Trimegah, Bareksa, dan Fintech Investree.

"Caranya itu pertama registrasi dulu ke mitra distribusi e-channel melalui internet ke website, dia kirim registasi data investor. Baru kemudian calon investor punya single investor identification (SID), setelah data masuk maka calon investor akan mendapatkan kode billing," kata Loto di Kemenkeu, Jakarta Pusat, Jumat, 6 April 2018.

Setelah mendapatkan kode billing, calon investor diharuskan membayar atau menyetorkan uang sesuai dengan jumlah pesanan yang diajukan. Kemudian calon investor akan mendapatkan nomor transaksi penerimaan negara (NTPN) sebagai penanda pembelian SBN ritel online telah lengkap dan tinggal menunggu tanggal settlement pada 31 Mei 2018.

Pengumuman dan pendaftaran sejak 4-10 April. Evaluasi SBN Ritel online sampai kickoff meeting mulai dari 11-30 April. Pada 9 Mei dilakukan penetapan kupon, pada 14-25 Mei masa penawaran, dan 28 Mei 2018.

Adapun penerbitan ini memiliki tenor selama dua tahun dengan minimal pembelian sebesar Rp1 juta dan maksimal pembelian Rp3 miliar.


(AHL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG SURAT UTANG
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MAKRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 21-09-2018