Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.408.300.797 (20 JUNI 2018)

Grab Disuntik Modal Rp13,9 Triliun oleh Toyota

Eko Nordiansyah - 13 Juni 2018 13:17 wib
Ilustrasi pengemudi Grab. (FOTO: MI/Rommy Pujianto)
Ilustrasi pengemudi Grab. (FOTO: MI/Rommy Pujianto)

Jakarta: Perusahaan transportasi online asal Singapura Grab mendapatkan suntikan dana sebesar USD1 miliar atau sekitar Rp13,9 triliun dari Toyota. Investasi ini disebut-sebut sebagai yang terbesar yang diberikan oleh perusahaan otomotif kepada layanan ride sharing ini.

Presiden Grab Ming Maa mengatakan kedua perusahaan akan bermitra lebih erat dan mengeksplorasi beragam strategi baru. Rencananya dana ini akan dimanfaatkan Grab untuk mengembangkan layanan seperti pengantaran makanan serta pembayaran elektronik.

"Sebagai pemimpin global industri otomotif, investasi Toyota di Grab berbasis keyakinan mereka dalam kepemimpinan kami dalam mendorong solusi mobile baru dan mengembangkan layanan mobile seperti GrabFood dan GrabPay," kata dia dilansir dari CNBC, Selasa, 13 Juni 2018.

Setelah kesepakatan antara dua perusahaan ini, petinggi Toyota juga akan masuk dewan direksi Grab serta ada yang diberi posisi Executive Officer. Selain itu, layanan dari Toyota akan diintegrasikan lebih mendalam ke Grab.

"Ke depan, bersama dengan Grab, kami akan mengembangkan layanan yang lebih atraktif dan aman bagi konsumen kami di Asia Tenggara," kata Executive Vice President Toyota Shigeki Tomoyama.

Penambahan modal ini tentu menambah amunisi Grab dalam usahanya menguasai pasar di Asia Tenggara. Setelah mengakuisisi unit bisnis Uber, mereka kini sedang bersiap menghadapi rencana Go-Jek yang dipastikan akan berekspansi ke beberapa negara di kawasan ini.

Meskipun berhasil menyingkirkan Uber dari Asia Tenggara, Grab masih harus bersaing dengan Go-Jek untuk merebut pasar Asia Tenggara. Go-Jek memiliki valuasi USD4,5 miliar dan baru-baru ini mengumumkan rencana memperluas bisnis ke empat pasar baru setelah berhasil mengumpulkan dana USD1,5 miliar.

 
(AHL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG GRAB
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MIKRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 21-06-2018