DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 20.111.547.901 (22 SEP 2018)

UMKM Didorong Mampu Layani Pembayaran Digital

Eko Nordiansyah - 13 Maret 2018 10:58 wib
Ilustrasi. (FOTO: Medcom.id/Rizal)
Ilustrasi. (FOTO: Medcom.id/Rizal)

Jakarta: Perkembangan ekonomi digital di Indonesia mampu membawa manfaat besar pada berbagai industri, termasuk mengoptimalisasikan semua potensi yang ada. Namun kebanyakan pelaku ekonomi Indonesia yang masih berada di level usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) masih kesulitan mengakses ekonomi digital.

PT Tele Utama Nusantara (TUN), selaku penyedia layanan bernama solusi berbasis teknologi (Sobate) Teleshop yang merupakan platform berbasis Android menyasar mitra dari kalangan UMKM. Bahkan tahun ini Teleshop menargetkan 100 ribu mitra untuk bergabung dengan layanan digital mereka.

"Upaya ini kami hadirkan untuk membantu mitra kami menjawab tantangan ekonomi digital. Layanan ini dikembangkan sebagai bentuk transformasi digital untuk beradaptasi dengan tuntutan saat ini," kata CEO PT Tele Utama Nusantara Slamet Riyadi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa, 13 Maret 2018.

Sebelumnya, Teleshop masih fokus pada pengembangan sejak 2007 lalu dan baru tahun ini akan fokus menambah mitra. Saat ini, layanan Teleshop telah digunakan oleh sekitar 25 ribu mitra yang disebut dengan Sobate-Teleshop. Slamet tahun ini memasang target untuk menggaet hingga 100 ribu mitra.

"Dengan 25 ribu mitra Teleshop menargetkan sekitar 500 ribu transaksi per hari. Kami optimistis setidaknya semester pertama bisa mencapai target 50 sampai 60 persen. Sasaran utama Teleshop adalah para pelaku UMKM yang tidak memiliki akses ke layanan perbankan konvesional," jelas dia.

Teleshop sendiri menawarkan jasa dan produk digital di antaranya pembelian pulsa, pembayaran listrik dan air, cicilan leasing, televisi berlangganan, hingga BPJS Kesehatan. Ada pula platform online to offline (O2O) yang membuat para mitra Teleshop dapat memberikan layanan digital kepada konsumen mereka.

Adapun mitra yang ingin bergabung dengan Teleshop wajib mengisi formulir dan nantinya akan diverifikasi terlebih dahulu oleh tim konsultan Teleshop. Mitra juga tidak akan dikenakan biaya registrasi apapun, tetapi hanya perlu menyediakan dana deposit minimal Rp250 ribu.

"Mereka hanya memerlukan perangkat handphone android. Kami bahkan bisa meminjamkan perangkat itu untuk para mitra kami. Operasionalnya sangat mudah. Mereka tinggal mendaftar, kami akan tanamkan aplikasinya, lalu mereka menyetor deposit tertentu," pungkasnya.


(AHL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG UMKM
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MIKRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 25-09-2018