Program Wirausaha Mantap untuk Pensiunan TNI Polri Meluncur

Annisa ayu artanti - 14 November 2017 13:33 wib
Direktur Utama Bank Mantap Josephus K. Triprakoso. (FOTO: MTVN/Dian Ihsan Siregar)
Direktur Utama Bank Mantap Josephus K. Triprakoso. (FOTO: MTVN/Dian Ihsan Siregar)

Jakarta: Bank Mandiri Taspen Pos (Bank Mantap) meluncurkan program 'Wirausaha Mantap Sejahtera' dalam rangka meningkatkan produktivitas dan menumbuhkan jiwa wirausaha bagi para nasabah pensiunan PNS, TNI, dan Polri.

Direktur Utama Bank Mantap Josephus K. Triprakoso mengatakan, program ini dibuat untuk mendukung produktivitas dan menambah nilai ekonomi masyarakat, khususnya para calon pensiunan maupun pensiunan.

Wirausaha Mantap Sejahtera adalah program wirausaha yang terintegrasi antara pelatihan ide, praktek usaha, pengembangan diri dan mentoring usaha berkelanjutan, dengan tujuan agar para calon pensiunan atau pensiunan dapat berkarya membangun usaha dan hidup sejahtera di masa pensiun.

"Tujuan program ini wirausaha dapat menjadi pilihan kegiatan utama untuk mendukung produktivitas di masa pensiun dan untuk sarana pengembangan diri dan menuangkan ide serta kreativitas untuk menjaga tingkat keaktifan di masa pensiun," kata Josephus di Rumah Mandiri Inkubator Bisnis, Jakarta Selatan, Selasa 14 November 2017.

Menurutnya, melalui program wirausaha Mantap Sejahtera ini nantinya akan menciptakan komunitas-komunitas wirausaha yang anggotanya adalah para calon pensiunan atau pensiunan yang memiliki minat usaha yang sama dengan jenis usaha sesuai dengan potensi lokal daerah tempat para pensiunan tersebut berada.

"Diharapkan Bank Mantap dapat memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat seperti turunnya daya beli masyarakat, serta dapat memberikan manfaat ekonomi dan sosial untuk kepentingan masyarakat dan lingkungan," imbuh dia.

Kendati demikian, lanjut Josephus, Bang Mantap belum mempunyai target rinci berapa pensiunan yang akan dirangkul atau berapa banyak komunitas-komunitas yang akan dibentuk dari program tersebut. Ia hanya mengatakan penetrasi program ini akan dilakukan disetiap kantor cabang Bank Mantap di semua provinsi.

"Target belum ada. Kan yang kami susah adalah mencari bapak usaha yang bisa menampung, membeli, dan mengajarkan satu persatu kepada pensiunan tentang bisnis yang akan dikerjakan. Kita akan tambah jaringan diluar 126 kantor di 28 provinsi," jelas dia

Sementara itu, Direktur Bank Mantap Nurkholis Wahyudi menambahkan, Indonesia akan mengalami ledakan populasi lansia pada 2050 dengan jumlah mencapai 80 juta jiwa lansia sehingga Indonesia termasuk dalam 10 besar negara dengan jumlah lansia terbesar di dunia.

Oleh karena itu, dengan adanya program pensiunan ini akan membuat para pensiunan lebih produktif dan bisa menghasilkan karya.

"Program wirausaha yang mudah dilakukan oleh para pensiunan dengan membantu memberikan solusi dari hulu hingga hilir, dari sejak mendapatkan motivasi dan teori usaha hingga bantuan pemasaran," tutup Nurkholis.


(AHL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG BANK MANTAP
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MIKRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 25-11-2017