Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.408.300.797 (20 JUNI 2018)

OJK Segera Keluarkan Aturan yang Haruskan Fintech Terdaftar

Eko Nordiansyah - 14 Maret 2018 16:01 wib
OJK (MI/RAMDANI).
OJK (MI/RAMDANI).

Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bakal segera segera menerbitkan aturan yang memudahkan industri keuangan berbasis teknologi atau financial technologi (fintech) peer to peer (P2P) terdaftar sebagai lembaga penyedia jasa keuangan resmi.

Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Nurhaida mengatakan aturan tersebut nantinya bakal mewajibkan fintech untuk mendaftarkan diri ke OJK. Dia bilang di saat ini fintech yang sudah terdaftar baru 36, 42 sedang berproses dan masih ada 165-170 yang belum mengajukan pendaftaran.

"Ke depan kami buat aturan supaya fintech bisa terdaftar, kami minta fintech untuk mendaftar," kata Nurhaida di Kemenkeu, Jakarta Pusat, Rabu, 14 Maret 2018.

Rencanannya, peraturan tersebut bakal dikeluarkan pada semester I tahun ini. Nurhaida mengatakan, aturan tersebut bisa saja keluar lebih cepat di triwulan pertama, namun bisa jadi lewat dari triwulan pertama apabila ada masukan lebih jauh dari pelaku industri.

Nurhaida mengatakan perlunya fintect sebagai lembaga yang terdaftar agar OJK bisa memantau perkembangan industri tersebut. Namun demikian, dia mengingatkan, bukan berarti fintech yang terdaftar langsung otomatis mendapat izin, sebab dari yang sudah terdaftar baru satu yang mendapat izin. Untuk dapat izin ada persyaratan lain seperti dari tata kelola, transparansi, mitigasi risiko dan lainnya.

"Intinya keterbukaan yang mereka harus jaga terhadap konsumen, peminjam maupun yang meminjam dana," ujar dia.

Dirinya mengatakan, pada dasarnya yang dilakukan OJK untuk membangun dan memfasilitasai industri digital ini. Apabila fintech berkembang baik dari sisi supply maupun demand sesuai hukum ekonomi, sehingga membuat cost lebih murah.

"OJK akan atur konsepnya, membuat industri ini lebih transparan, sehingga pemberi dana bisa mengukur risiko, dan return yang diharapkan bisa lebih tinggi," jelas dia.


(SAW)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG FINTECH
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MIKRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 23-06-2018