Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp RP 5.963.078.120 (13 AGUSTUS 2018)

Grab Garap Aplikasi Ayo Mudik untuk Bantu Pemudik

Eko Nordiansyah - 13 Juni 2018 15:06 wib
Ilustrasi aplikasi Grab. (FOTO: AFP)
Ilustrasi aplikasi Grab. (FOTO: AFP)

Jakarta: Grab Indonesia meluncurkan aplikasi Ayo Mudik yang bisa dimanfaatkan untuk membantu para pemudik bekerja sama dengan Kudo, yang merupakan bagian dari Grab. Dalam aplikasi ini, pemudik akan mendapatkan informasi berbagai tempat atau lokasi yang paling dibutuhkan saat mudik.

Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan ide pembuatan aplikasi ini karena informasi seputar pemudik masih sulit diperoleh sampai saat ini. Salah satu hal terpenting yang dibutuhkan oleh para pemudik adalah berbagai informasi mengenai fasilitas hingga titik kemacetan.

"Ketersediaan informasi mengenai jalur mudik, fasilitas yang ada di sepanjang jalur mudik, serta informasi titik kemacetan yang berpotensi memperpanjang durasi perjalanan mudik menjadi penting," ujar Ridzki dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu, 13 Juni 2018.

Selama ini, Ridzki mengaku akses informasi mutakhir dan lengkap untuk mudik masih sulit untuk diperoleh, karena tidak terintegrasi dengan baik dan hal tersebut yang mendasari ide peluncuran aplikasi Ayo Mudik pada mudik lebaran tahun ini.

Ayo Mudik dibuat berbasis peta, di dalamnya terdapat informasi tentang lokasi posko mudik terdekat, pos polisi, posko kesehatan, SPBU, bengkel, masjid, ATM, hingga info lalu lintas terkini. Kudo juga menyelipkan info bencana bagi aplikasi buatannya ini.

Informasi pada aplikasi ini merupakan hasil kerja sama dengan sejumlah pihak seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, BMKG, Pertamina, Jasa Marga, Polri, operator telekomunikasi, serta perusahaan penyedia jasa dan produk internet.

Rilis aplikasi itu merupakan menjadi cara Grab dan Kudo untuk mendukung program Kominfo dan Kementerian Perhubungan, untuk memberikan layanan pada pemudik lewat informasi aplikasi. Aplikasi ini juga menjadi program penutup Grab selama bulan Ramadan lewat kampanye #BahagiaItuDekat.

"Peluncuran kembali aplikasi Ayo Mudik dalam menyambut periode mudik Lebaran tahun ini, merupakan inisiatif terakhir yang kami jalankan untuk mendukung mobilitas masyarakat Indonesia selama perjalanan mereka ke kampung halaman untuk merayakan Hari Raya Idulfitri," ujar Ridzki.

Aplikasi Ayo Mudik sudah bisa diunduh di Google PlayStore. Namun, selain Ayo Mudik, Grab juga menyediakan fitur Grab Daily pada aplikasi untuk informasi seputar mudik seperti lokasi pom bensin, ATM, bengkel dan rumah sakit.


(AHL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG GRAB
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MIKRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 14-08-2018