DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 47.877.961.729 (23 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Cara Mudah Atur Gaji Agar tak Cepat Habis

- 13 Januari 2018 17:11 wib
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/M Adimaja)
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/M Adimaja)

BEBERAPA orang mungkin mengalami kehabisan gaji sebelum tanggal tua tiba. Agar gaji Anda tidak habis duluan sebelum tanggal tua, jelas ada usaha yang perlu Anda lakukan.

Intinya, Anda harus bisa mengendalikan diri. Kalau sudah susah mengontrol diri sendiri, siap-siap saja uang Anda habis duluan sebelum tanggal tua. Nah, untuk mengatasinya ada tips-tips sederhana yang bisa dipilih.

Menabung di Awal Bulan.
Cobalah Anda terapkan menabung setiap awal bulan. Intinya dari gaji yang didapat setiap bulan, sebagian langsung disisihkan untuk ditabung atau bisa juga diinvestasikan. Mungkin agak susah di awal, karena Anda terpaksa mengirit sebulan berikutnya. Tapi dengan begini, Anda bisa lebih terkendali mengontrol keluar masuk uang.

Buat Prioritas Barang yang Dibutuhkan.
Terkadang sebagian orang susah mengendalikan diri saat melihat diskon. Sehingga barang yang sebenarnya tidak diperlukan akan dibeli karena mendapat potongan harga atau diskon. Kalau tidak bisa menahan diri, uang yang ada di dompet Anda bisa dibelanjakan semuanya. Penting sekali untuk membuat prioritas akan barang yang dibeli. Apakah barang itu benar-benar Anda butuhkan atau sekadar Anda inginkan?

Jangan Terlalu Sering Makan di Luar.
Sesekali makan di luar seperti di kafe atau restoran tentu boleh saja. Tapi kalau tidak ingin mengeluarkan uang banyak, sebaiknya lebih bijak lagi mengatur jadwalnya. Agar hemat, Anda bisa cukup makan di rumah atau masak sendiri. Tidak perlu makanan yang mahal, yang penting menyehatkan dan bergizi.

Tidak Pakai Kartu Kredit.
Punya kartu kredit membuat belanja lebih praktis. Tinggal gesek dan tidak perlu membawa banyak uang apalagi jika ada diskon, cashback, atau dapat hadiah. Tapi efek sampingnya, terkadang belanja menjadi tidak terkontrol karena fasilitas-fasilitas tersebut. Mendadak tagihannya menumpuk begitu saja.

Hal inilah yang perlu Anda hindari. Anda sebaiknya tidak memiliki kartu kredit karena hal ini cukup menguntungkan karena Anda jadi "dipaksa" untuk membuat perhitungan dulu sebelum berbelanja.

Ambil Uang di ATM Sebutuhnya.
Setiap saat Anda ingin mengambil uang ke ATM, usahakan untuk mengambil uang sebutuhnya saja. Biasakan menetapkan jadwal kapan Anda baru akan ke ATM lagi. Jadi Anda akan memikirkan cara untuk mengatur uang yang sudah diambil untuk bisa mencukupi kebutuhan Anda sampai kunjungan" Anda ke ATM berikutnya.

Nah, itu dia beberapa tips sederhana untuk menghindari permasalahan keuangan dan pemborosan sebelum akhir bulan. Semoga bermanfaat!

Download e-book terbaru dari Tung Desem Waringin "61 Rahasia Menjadi Kaya". Klik di Sini untuk Download.

 


(AHL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS KEUANGAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MIKRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 24-10-2018