Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.606.841.593 (13 JULI 2018)

Pemerintah Jamin Harga Impor Beras Khusus Dijual Setara Beras Medium

Desi Angriani - 12 Januari 2018 07:29 wib
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (FOTO ANTARA /Widodo S. Jusuf)
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (FOTO ANTARA /Widodo S. Jusuf)

Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) menjamin 500 ribu ton beras kualitas khusus yang diimpor dari Thailand dan Vietnam dijual setara dengan harga beras jenis medium. Saat ini, harga beras medium Rp9.450 per kilogram untuk wilayah Jawa, Sumatera Selatan, dan Lampung.

"Kategori beras khusus yang mau kami masukkan langsung kita tidak peduli harganya berapa tapi dijual dengan harga medium," kata Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita, dalam sebuah jumpa pers, di Kementerian Perdagangan (Kemendag), Jakarta, Kamis, 11 Januari 2018.

Dengan begitu, selisih antara harga impor dan harga jual tentunya bakal ditanggung dari anggaran Kemendag. Enggar mengungkapkan pemerintah tidak ingin mengambil risiko atas minimnya pasokan beras khusus dan melonjaknya harga beras dalam negeri.

"Kita tak ingin mengambil risiko dan ada pertentangan karena petani juga adalah konsumen membeli beras dan tidak boleh ada terjadi kekosongan pasokan," tegasnya.

Meski impor beras dianggap sudah terlambat, Mendag memastikan beras kualitas khusus yang diimpor dari Thailand dan Vietnam tetap akan masuk ke Indonesia pada akhir Januari mendatang. Hal ini agar tidak mengganggu petani saat musim panen tiba di Februari nanti.

"Saya enggak mau berandai-andai saya pastikan beras masuk di akhir Januari bahwa ada kelangkaan di dunia saya pastikan tetap masuk," tegasnya.

Adapun Kemendag menujuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) atau PPI sebagai importir. Jenis beras kualitas khusus yang diimpor tidak sama dengan jenis beras yang diproduksi dalam negeri atau IR64.

Jenis beras tersebut memiliki spesifikasi bulir patah di bawah lima persen yang sudah diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 1 Tahun 2018.  "Jenis berasnya berdasarkan permendag 01 yang baru kategori beras khusus. Dan yang akan mengimlor adalah PPI," pungkasnya.


(ABD)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG BERAS VIETNAM
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MIKRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 16-07-2018