DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 20.111.547.901 (22 SEP 2018)

Pemerintah Lawan Kampanye Negatif terhadap Produk CPO Indonesia

Eko Nordiansyah - 14 Maret 2018 16:51 wib
kelapa sawit (Antara/Sahrul Manda Tikupadang).
kelapa sawit (Antara/Sahrul Manda Tikupadang).

Jakarta: Pemerintah menyiapkan perlawanan terhadap kampanye negatif yang dilakukan untuk mencegah masuknya produk minyak kelapa sawit (CPO) Indonesia. Apalagi CPO menjadi salah satu komoditas andalan ekspor Indonesia sehingga dikhawatirkan mempengaruhi neraca perdagangan nasional.

"Kita semua harus mampu memberikan penjelasan, perlawan atau apapun itu dalam upaya menghadapi bukan hanya kampanye negatif tetapi juga propaganda yang tidak fair," kata Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, Rabu, 14 Maret 2018.

Dalam sambutannya pada Musyawarah Nasional X Gabungan Pengusaha Sawit Indonesia (GAPKI), Darmin menyebut pemerintah akan bekerja sama dengan dunia usaha. Dengan demikian kepentingan produk sawit Indonesia di luar negeri tetap bisa dijaga dan bisa diterima.

Dirinya menambahkan, di dalam negeri Indonesia memiliki Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPBD) Kelapa Sawit serta CPO Fund untuk membela kepentingan sawit Indonesia. Untuk itu pemerintah siap melakukan perlawanan dalam menghadapi kampanye negatif tersebut.

"Artinya melalui keberadaan kedua lembaga itu serta dukungan pemangku kepentingan sawit lain, hal ini menunjukkan kelapa sawit merupakan komoditas yang perlu kita kembangkan dan bela bersama, apapun itu tantangannya," jelas dia.

Darmin juga mengapresiasi komiten dunia usaha dalam melakukan program pencegahan kekebaran hutan. Bahkan, para pengusaha berkomitmen untuk membantu membina para petani dalam radius 3 kilometer (km) dari konsesinya untuk membina para petani dalam pencegahan kebakaran.

"Ada banyak hal yang sudah pemerintah siapkan untuk mendorong industri sawit mempunya menetapkan standar ISPO. Kita ingin sawit menjadi industri kompetitif yang berkelanjutan. Kenapa Malaysia bisa, kita tidak? Karena itu mari lah kita bekerja sama untuk memajukan sawit Indonesia," pungkasnya.

 


(SAW)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KELAPA SAWIT
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MIKRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 25-09-2018