Pemerintah Evaluasi Struktur Gaji PNS

- 12 Januari 2018 11:20 wib
Ilustrasi PNS. (FOTO: ANTARA/Siswowidodo)
Ilustrasi PNS. (FOTO: ANTARA/Siswowidodo)

Jakarta: Pemerintah tengah mengevaluasi struktur gaji pegawai negeri sipil (PNS) untuk meningkatkan performa aparatur sipil negara (ASN) menjadi lebih baik dan profesional.

"Pemikiran (perubahan struktur gaji PNS) bersama Menteri PAN-Rebiro akan disampaikan di sidang kabinet. Bukan struktur gaji (saja), tapi keseluruhan sampai dengan pensiunnya kita harapkan bisa diubah atau direformasi," ungkap Menteri Keuangan Sri Mulyani seusai menghadiri HUT ke-2 Lembaga Manajemen Aset Negara di Jakarta.




Dia menekankan reformasi struktur gaji PNS tetap mempertimbangkan kemampuan keuangan negara. Sepanjang 2017, pemerintah menghabiskan hampir Rp500 triliun dari anggaran belanja pegawai untuk pembayaran gaji PNS.

Saat disinggung apakah perubahan struktur berpotensi menekan alokasi pembayaran gaji PNS, Sri belum bisa memastikan lantaran masih melakukan kalkulasi. Perubahan struktur ditargetkan rampung tahun ini.

"Nanti perhitungannya kalau sudah (selesai) disampaikan ke Presiden. Kalau mau melakukan review (gaji PNS), sama seperti dilakukan di berbagai tempat. Itu komponen penerimaan atau disebut take home pay dari ASN bisa berasal dari gaji pokok, tunjangan kinerja, dan masih juga honor perjalanan dinas."

 


(AHL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PNS
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MIKRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sun , 22-04-2018