Target 5 Juta, Baru 2 Juta Lahan Tersertifikasi

Suci Sedya Utami - 14 November 2017 15:52 wib
Menteri ATR Sofyan Djalil. MI/ADAM DWI.
Menteri ATR Sofyan Djalil. MI/ADAM DWI.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Agrarian dan Tata Ruang (ATR) menyatakan realisasi sertifikasi lahan hingga saat ini sebanyak dua juta bidang. Sementara target sertifikasi lahan tahun ini lima juta bidang.

Menteri ATR Sofyan Djalil mengatakan, pihaknya tetap yakin sertifikasi lahan akan terus meningkat meskipun hingga akhir tahun pencapaiannya tak mencapai 100 persen. Dia menganalogikan kebiasaan serapan anggaran pemerintah yang di akhir tahun tak sampai 100 persen.

"Sampai saat ini sudah di atas dua juta, tapi jangan anda bicara dua juta sampai target enggak, tidak 100 persen, mungkin 90-95 persen bisa tercapai target itu. Kalau itu bisa dicapai, sudah luar biasa," kata Sofyan di kantor Kementerian ATR, Jakarta Selatan, Selasa 14 November 2017.

Dia bilang, dalam mengurusi permasalahan ada dua komponen yang dikerjakan pihaknya, yakni pemetaan dan sertifikasi. Dalam pemetaan, banyak tanah yang ternyata tak bisa dibuatkan sertifikat oleh Kementerian ATR, salah satunya karena sengketa, atau ketika diukur, sang pemilik tanah sedang berada di luar negeri.

Namun demikian, lanjut mantan Menko Perekonomian ini, pengukuran yang dilakukan Kementerian ATR bahkan bisa mencapai 120 persen dari target lima juta bidang lahan. Atau dengan kata lain, lebih dari lima juta bidang lahan dilakukan pengukuran meski belum tentu diterbitkan sertifikat.

"Jadi setiap inci tanah kita akan tata, ukur, daftarkan dan kalau bisa disertifikatkan, kta keluarkan sertifikat," jelas dia.


(SAW)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PEMBEBASAN LAHAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MIKRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 25-11-2017