Bibit Peremajaan Kelapa Sawit Diberikan Bertahap

Achmad Zulfikar Fazli - 13 Oktober 2017 18:22 wib
Presiden Joko Widodo saat menanam bibit kelapa sawit. (FOTO: MTVN/Achmad Zulfikar)
Presiden Joko Widodo saat menanam bibit kelapa sawit. (FOTO: MTVN/Achmad Zulfikar)

Metrotvnews.com, Musi Banyuasin: Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan bantuan bibit peremajaan kelapa sawit rakyat. Bantuan ini akan diberikan secara bertahap.

Presiden Joko Widodo mengatakan, bantuan ini dimulai di hutan kelapa sawit rakyat di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Ke depan, bibit akan diberikan ke daerah lain di wilayah Sumatera.

"Ya ini (pemberian bibit di Musi Banyuasin) pertama dan nanti akan kita teruskan. Bulan depan ke Sumut, kemudian ke Riau, ke Jambi. Kita putar terus tapi untuk di kawasan Sumatera. Baru nanti tahun depan di Kalimantan," kata Jokowi di Desa Panca Tunggal, Sungai Lilin, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Jumat 13 Oktober 2017.

Baca: Presiden Tanam Bibit Peremajaan Kelapa Sawit

Jokowi pun menyayangkan sudah bertahun-tahun tak pernah ada peremajaan kelapa sawit. Padahal, ia menilai sawit memiliki potensi ekspor yang besar.

Karena itu, Jokowi berharap dengan bantuan ini bisa membuat produksi petani kelapa sawit meningkat. Selama ini, kata dia, para petani hanya memproduksi dua ton per hektare per tahun.

"Dengan bibit yang baru ini, kita harapkan nanti bisa meloncat ke delapan ton," ujar dia.

 


(AHL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KELAPA SAWIT
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MIKRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 20-10-2017