Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.408.300.797 (20 JUNI 2018)

Transaksi Keuangan Lintas Negara Capai USD100 Miliar/Hari

Eko Nordiansyah - 12 Maret 2018 19:52 wib
illustrasi. ANT/Zabur Karuru.
illustrasi. ANT/Zabur Karuru.

Jakarta: SWIFT mencatat transaksi lintas negara melalui sistem Global Payment Innovation (GPI) miliknya mencapai USD100 miliar per hari. Tak hanya itu, transaksi melalui sistem tersebut pembayaran bisa dilakukan dalam hitungan menit, bahkan detik kepada rekening penerima akhirnya.

"SWIFT GPI telah diadopsi oleh lebih dari 145 lembaga keuangan di seluruh dunia dan terlibat dalam ratusan ribu pembayaran," kata Direktur Pelaksana Asia Pasifik SWIFT Eddie Haddad di Hotel Grand Hyatt, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin, 12 Maret 2018.

Angka ini mewakili hampir 10 persen arus pembayaran Iintas negara (cross-border payment) SWIFT yang dikirim setiap harinya yang melalui 220 koridor pembayaran Internasional. Koridor tersebut termasuk koridor-koridor nagara maju seperti Amerika Serikat dan Tiongkok, di mana pembayaran gpi di koridor tersebut telah mencakup lebih dari 25 persen pembayaran.

Dirinya menambahkan, melalui sistem GPI yang dimiliknya tersebut transaksi pembayaran segmen lintas negara, yang masuk ke rekening penerima akhir hanya dalam hitungan menit bahkan detik. Secara keseluruhan, hampir 50 persen pembayaran SWIFT GPI masuk ke rekening para penerima dana dalam waktu 30 menit

"Dan hampir 100 persen pembayaran terselesaikan dalam kurun waktu 24 jam. Pembayaran yang membutuhkan waktu lebih lama biasanya melibatkan konversi valuta asing, pemeriksaan kepatuhan atau otorisasi peraturan yang lebih kompleks," jelas dia.

Selain 145 lembaga keuangan yang telah mengadopsi gpi tersebut, lebih dari 50 infrastruktur pasar pembayaran (payment market infrastructure) telah melakukan transaksi pembayaran GPI, yang memungkinkan pertukaran dan pelacakan domestik.

Infrastruktur pasar pembayaran memiliki peran panting dalam memfasilitasi pelacakan end-to-end dari pembayaran lintas negara karena setelah pembayaran internasional mencapai negara tujuan, pembayaran tersebut biasanya diperiksa melalui infrastruktur pembayaran lokal.

"GPI juga teIah menawarkan cakupan yang sangat luas dalam transaksi lintas bank, pasar dan wilayah. Dengan menambahkan bank-bank dan koridor baru setiap harinya. SWIFT GPI juga memastikan bank dan para nasabah mereka memperoleh layanan pembayaran lintas negara yang benar-benar global, cepat, aman dan transparan," pungkasnya.


(SAW)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TRANSAKSI NON TUNAI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MIKRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 21-06-2018