Pemerintah Beri Bantuan Bibit Peremajaan Kelapa Sawit di Musi Banyuasin

Achmad Zulfikar Fazli - 13 Oktober 2017 10:19 wib
Suasana acara pemberian bibit kelapa sawit di Desa Panca Tunggal, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan--Metrotvnews.com/Achmad Zulfikar Fazli
Suasana acara pemberian bibit kelapa sawit di Desa Panca Tunggal, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan--Metrotvnews.com/Achmad Zulfikar Fazli

Metrotvnews.com, Musi Banyuasin: Pemerintah memberikan bantuan bibit kelapa sawit di Desa Panca Tunggal, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Bibit ini diberikan untuk peremajaan pohon kelapa sawit yang sudah tidak laik.

"Replanting ini adalah bantuan pemerintah untuk peremajaan kelapa sawit yang sudah tua. Bukan hanya tua tapi kelapa sawit yang hasilnya sudah tidak bagus lagi," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di Desa Panca Tunggal, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Jumat 13 Oktober 2017.

Menurut dia, bibit bantuan pemerintah ini dapat memberikan hasil yang lebih baik dari sebelumnya. Para petani kelapa sawit, kata dia, dapat memanen 8 ton CPO per hektare bila memelihara dengan baik. "Kalau memelihara dengan baik, hasilnya bukan lagi 2,5 ton CPO per hektare, tapi delapan ton," ucap dia.

Ia mengakui tak mudah bagi para petani untuk mendapatkan uang dari hasil bertanam kelapa sawit. Apalagi, para petani tidak boleh mengolah sendiri hasil tanamanya.

Karena itu, lanjut dia, pemerintah telah meminta kesiapan dan janji perusahaan besar untuk bangun pabrik kelapa sawit di sekitar kebun kelapa sawit. Dengan begitu, para petani para kelapa sawit tidak susah susah menjualnya. "Nanti ada penandatanganan (dengan) perusahaan besar untuk operasi di wilayah ini," kata dia.


(YDH)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG BPDP SAWIT
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MIKRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 23-10-2017