Menko Darmin Sebut Peremajaan Kelapa Sawit Mendesak

Achmad Zulfikar Fazli - 13 Oktober 2017 18:32 wib
Menko Perekonomian Darmin Nasution. (FOTO: MI/Panca Syurkani)
Menko Perekonomian Darmin Nasution. (FOTO: MI/Panca Syurkani)

Metrotvnews.com, Musi Banyuasin: Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebut peremajaan kelapa sawit sudah mendesak. Sudah berpuluh tahun kelapa sawit tak pernah diremajakan, sehingga hasilnya produksinya tidak banyak.

Menurut dia, hasil produksi kelapa sawit rakyat saat ini hanya 2,5 ton CPO per hektare (ha) per tahun. Jumlah itu jauh di bawah perusahaan swasta yang mampu menghasilkan delapan ton CPO per ha per tahun.

"Karena itu, peremajaan kelapa sawit sangat mendesak," kata Darmin di Desa Panca Tunggal, Sungai Lilin, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Jumat 13 Oktober 2017.

Ia menilai peremajaan kelapa sawit rakyat bukan hanya menguntungkan petani, tapi juga negara. Pasalnya, peremajaan kelapa sawit bisa membuat pemerataan ekonomi.

"Jadi ini pekerjaan besar tetapi memang pekerjaan ini akan mengubah wajah perkebunan kita. Kelapa sawit akan strategis bukan hanya perekonomian nasional tapi pemerataan ekonomi," ujar dia.

Kepala Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit, Dono Boestami mengatakan, peremajaan kelapa sawit ini akan dilaksanakan di seluruh provinsi penghasil kelapa sawit. Pemberiannya akan dilakukan secara bertahap.

"Saat ini telah disetujui pemberian dana bantuan peremajaan kelapa sawit untuk empat Koperasi dari Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan seluas 2.834 Ha dengan 1.308 KK," kata Dono.

Rincian penerima bantuan peremajaan kelapa sawit antara lain, Koperasi Unit Desa (KUD) Mukti Jaya seluas 2.030 Ha; KUD Sumber Jaya Lestari seluas 160 Ha; Koperasi Produsen Kelapa Sawit (KPKS) Tribakti Sentosa seluas 216 Ha;KPKS Suka Makmur seluas 428 Ha.

Selain bantuan bibit peremajaan kelapa sawit, pemerintah juga memberikan bantuan untuk komiditi lain, seperti jagung. Tujuan bantuan ini adalah untuk mengembalikan kejayaan rempah 500 tahun lalu, serta mewujudkan kejayaan perkebunan Indonesia.

 


(AHL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KELAPA SAWIT
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MIKRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 20-10-2017