Menkeu: Pegawai dan Wajib Pajak Frustasi karena Regulasi yang Kompleks

Suci Sedya Utami - 12 September 2017 16:03 wib
Menkeu Sri Mulyani (MI/MOHAMAD IRFAN).
Menkeu Sri Mulyani (MI/MOHAMAD IRFAN).

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan baik pegawai pajak (fiskus) dan wajib pajak (WP) sama-sama frustasi jika dihadapkan dengan kebijakan yang kompleks, atau tidak sinkron antara yang diterapkan di pusat maupun daerah. Ani menilai hal tersebut tersebut sebagai hambatan dalam mengumpulkan penerimaan pajak. 

"Kalau desain dan regulasinya kompleks, fiskus dan WP sama-sama frustasi," kata Ani dalam diskusi mengenai pajak di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa 12 September 2017.

Ani mengatakan aturan yang kompleks tersebut sebetulnya buah dari permintaan wajib pajak yang ingin dilayani berbeda-beda dan minta kekhususan dalam menyetorkan kewajiban pajaknya.

'Banyak yang minta kekhususan, tapi kalau demikian khusus, administrasinya jadi kompleks, ini yang membuat enforcement menjadi rendah," tutur Ani.

Oleh karenanya, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini meminta Tim Reformasi Perpajakan yang telah dibentuk tahun lalu untuk meninjau kembali kebijakan administrasi perpajakan yang selama ini dianggap menjadi penghambat upaya pengumpulan pajak agar bisa lebih disederhanakan.

"Saya hari ini minta tim reformasi untuk lakukan evaluasi diadministrasi," jelas Ani.



(SAW)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PAJAK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA MIKRO
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 18-11-2017